Selain Prambanan Jazz, Deretan Festival Musik Ini Bisa Kamu Hadiri Tahun 2023

Selain Prambanan Jazz, Deretan Festival Musik Ini Bisa Kamu Hadiri Tahun 2023
info gambar utama

Bagi sebagian besar orang, mengunjungi konser musik merupakan kegiatan yang lebih dari sekedar menyenangkan, tapi juga candu. Selain itu, melansir The Capitol Theatre, orang yang sering datang ke konser cenderung lebih sehat dan bahagia.

Kabar baiknya, setelah pandemi berlalu, konser dan festival musik jadi lebih sering hadir di tengah-tengah kita. Mulai dari yang skala kecil sampai mewah dan megah. Salah satunya adalah Prambanan Jazz Festival (PJF) 9 yang berlangsung dari tanggal 7-9 Juli dan 14-16 Juli 2023.

Jika Kawan tidak sempat untuk menonton festival musik tersohor itu, jangan khawatir! Berikut ini adalah gelaran acara musik lain yang akan berlangsung sepanjang 2023 dan tentunya bisa Kawan hadiri.

Musikalitas Berkolaborasi: Prambanan Jazz 2023 sebagai Paduan Harmoni Multibudaya

1. We The Fest

Kemeriahan We The Fest tahun lalu. | Foto: We The Fest/Facebook
info gambar

Tak berselang lama setelah PJF usai, di Jakarta ada lagi festival musik besar yang banyak penggemar nantikan, yakni We The Fest. Festival ini akan hadir di Gelora Bung Karno pada tanggal 21-23 Juli. Serupa dengan PJF, We The Fest juga akan banyak menghadirkan musisi internasional di samping musisi ternama dalam negeri.

Beberapa nama besar yang akan hadir dari luar negeri adalah Daniel Caesar, The 1975, dan Lewis Capaldi. Musisi dalam negeri pun tak kalah serunya. Ada Project Pop, Yura Yunita, hingga Kahitna.

2. The 90's Festival

The 90's Festival tahun 2019. | Foto: The 90's Festival/Facebook
info gambar

Kawan suka dengan lagu-lagu era 90an? Jika iya, maka konser ini adalah acara yang wajib Kawan kunjungi! Bertajuk The 90's Festival, perhelatan musik ini akan menghadirkan sederet musisi yang dulu fenomenal di era tahun 1990-an.

Di antaranya ada Cokelat, Ahmad Band, Padi Reborn, hingga Rick Price. The 90's Festival yang keenam kalinya ini akan berlangsung di Gambir Expo Kemayoran pada tanggal 12 dan 13 Agustus. Tak hanya musik, Kawan juga akan menikmati suasana 90-an yang kental pada festival ini.

3. Cherrypop Fest

Kemeriahan Cherrypop Fest | Foto: Cherrypop.id
info gambar

Cherrypop Fest merupakan festival musik tahunan yang akan kembali menggebrak Yogyakarta pada tanggal 19 dan 20 Agustus mendatang. Beberapa musisi yang akan menyemarakkan panggungnya adalah Kunto Aji, The Adams, For Revenge, Efek Rumah Kaca, Lomba Sihir, dan masih banyak lagi.

Tak hanya festival musik, Cherrypop juga menghadirkan berbagai kegiatan seru yang dapat Kawan nikmati sembari menonton konser. Salah satunya adalah pasar yang menjajakan barang-barang serta makanan produk lokal.

5 Hal Unik Prambanan Jazz Festival, Beda dari yang Lain!

4. Pestapora

Pestapora di tahun 2022. | Foto: Andyan Gorust/Facebook
info gambar

Sesuai namanya, konser satu ini akan mengajak Kawan berpesta pora selama tiga hari bersama lebih dari 50 musisi Indonesia lintas generasi. Pestapora akan menghadirkan musisi kawakan seperti Vina Panduwinata, musisi hits era 2000-an seperti Vierratale dan The Changcuters, hingga musisi-musisi yang lagunya tengah santer Kawan dengar seperti Soegi Bornean dan Yura Yunita.

Konser musik ini akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 September. Kawan tentu akan merasakan nostalgia yang kental nih, dengan alunan lagu-lagu hits dari masa ke masa.

5. Joyland Festival

Suasana Joyland Festival di Bali bulan Maret lalu. | Foto: Joyland Festival/Facebook
info gambar

Joyland Festival merupakan festival musik dan seni yang hadir dua tahun sekali di Jakarta maupun Bali. Tahun ini, Joyland kembali hadir di Senayan, Jakarta pada 24 hingga 26 November mendatang.

Beberapa musisi yang akan hadir adalah Interpol, Mildlife, dan Maliq & D’Essentials. Selain konser musik, Joyland Fest juga menghadirkan acara komedi, workshops, hingga pasar yang menjajakan banyak produk seni. Konon, festival ini sangat memperhatikan kebersihan lingkungan, sehingga berusaha menghasilkan limbah seminimal mungkin lho, Kawan!

Demikian lima festival musik serupa Prambanan Jazz lain yang bisa Kawan hadiri sepanjang tahun 2023. Festival yang mana nih, yang sudah menarik hati?

Konser Musik yang Ramah Lingkungan, Memangnya ada?


Referensi:

  • https://www.thecapitoltheatre.com/blog/detail/10-reasons-why-you-should-make-going-to-more-concerts-your-new-years-resolution#:~:text=%E2%80%9CMusic%20is%20the%20medicine%20of,endorphins%2C%20neurotransmitters%20that%20block%20pain.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini