Dukung Visi Edukasi Pembangunan Positif, Kevin Dean Dra Siap Terbang ke Dubai!

Dukung Visi Edukasi Pembangunan Positif, Kevin Dean Dra Siap Terbang ke Dubai!
info gambar utama

LOCAL HEROES - Dunia kreatif memang tidak asing bagi Kevin Dean Dra. Usai lima tahun menekuni bidang ini, akhirnya ia berkesempatan untuk terbang ke Dubai mengikuti Local Heroes Development Program (LHDP). Forum ini dipersembahkan oleh Good News From Indonesia (GNFI) untuk mengembangkan kompetensi generasi muda di bidang pendidikan.

“Di tanggal 23 sampai 29 September mendatang, aku mendapat opportunity untuk berangkat serentak ke Dubai. Nah, kebetulan ada beberapa part dari LHDP yang akan sangat related dengan minat aku di sana terutama dengan eksistensi startup kreatif di Dubai,” ungkap Kevin.

Jejak Kevin di bidang ini tidak diragukan lagi. Perjalanan kariernya membuat ia menduduki posisi sebagai Vice President Strategic and Development di Serangkai Group, sebuah agensi media terbesar yang bermarkas di Palembang, Sumatera Selatan.

Meskipun demikian, Kevin memandang bahwa kontribusi local heroes di daerahnya untuk bersaing secara global masih kurang, sehingga ia terdorong untuk melakukan sebuah dobrakan yang mampu menginspirasi anak-anak muda berani berkarya sekaligus menyuarakan pembangunan.

Siswa Asal Semarang diterima 27 Universitas Ternama dari 8 Negara di Dunia

Dari Hukum Internasional ke Dunia Kreatif

Rasanya sedikit menggelitik jika berbicara mengenai perjalanan karier seorang Kevin. Ia lulus sebagai seorang Sarjana Hukum Internasional, tetapi memilih untuk bekerja di dunia kreatif. Minat terhadap dunia tersebut telah mengakar dalam dirinya sejak mengikuti Asian Law Students' Association National Chapter (ALSA) Indonesia.

“Selama kurang lebih 5 tahun di ALSA, saya terbiasa bekerja sekaligus mengenal divisi kreatif. Tapi memang untuk dari segi sekolah secara verbal-nya, itu hukum internasional. Selepas dari sana, saya bekerja di Serangkai Group, salah satu agensi media terbesar di Indonesia yang base-nya di Palembang, Sumatera Selatan,” ungkap dia.

“Jadi, sehari-hari aku sering berkutat dengan event organizer, social media handling, website aplikasi, dan berbagai cabang dunia kreatif lainnya,” tambah Kevin lagi

Visi Inspiratif dengan LHDP

Satu hal yang pasti dalam diri Kevin, ia ingin menjadi inspirator sekaligus mengembangkan potensi dunia kreatif di Sumatera Selatan. Minat itu membuat ia tertarik untuk bergabung dengan LHDP yang memberikan dirinya kesempatan untuk terbang ke Dubai guna bertukar pikiran sekaligus bersinergi dengan berbagai delegasi di Ibu Kota Uni Emirat Arab itu selama tujuh hari.

“Good News from Indonesia itu memang salah satu platform media yang saya suka. Nah, kemudian saya dapat info nih, pada saat lagi malam-malam scrolling lagi ada pemilihan local heroes. Saya coba pelajari ternyata apa yang teman-teman GNFI inginkan pada saat program itu sejalan dengan apa yang saya sedang lakukan, salah satunya pendidikan terkait dengan pengguna sosial media yang baik karena sekarang terutama banyak sekali ya hoax, hate comment, bullying, dan lain-lain yang eksis di media sosial,” tandas Kevin.

Keberuntungan ternyata berpihak. Pasca melalui tahapan seleksi, Kevin mendapat tiket untuk berkontribusi untuk batch pertama LHDP.

“Ada 3 mata acara yang akan kami lakukan di sana. Pertama pasti akan ada One On One Session sama startup di Dubai. Kedua nanti akan ada talk show dengan co-founder startup di Dubai juga. Terus ketiga akan ada Focus Group Session. Bakal banyak sekali pertukaran ide sekaligus insights menarik di sana,” tuturnya.

Cara Cerdik Bung Karno Tekan Amerika Serikat yang Ingin Bebaskan Agen CIA

Kevin berasumsi bahwa ia akan berfokus untuk menggali lebih jauh mengenai perbandingan pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan dan Dubai sekaligus mencoba mereplikasi kultur etos kerja orang Indonesia yang mampu ditiru disana.

Melalui diskusi lebih jauh, forum ini menghasilkan blue resolution berupa tindak lanjut real dari impact kerja sama antara dirinya pribadi yang mewakili Palembang dan berbagai delegasi internasional di Dubai.

“Saya berpikir apa yang diterapkan di Dubai kan sudah sangat canggih dan juga pola kerjanya juga sebenarnya banyak sekali yang bagus terkenal ibaratnya. Hal-hal tersebut bisa saya aplikasikan untuk di Palembang nantinya. Mungkin saya juga nanti mengikutkan pemerintah untuk itu serta juga ya dalam perkembangan proyek apa yang akan kita lakukan ke depan.”

Lebih lanjut, Kevin berharap bahwa inisiatif yang ia lakukan sebagai delegasi LHDP dapat menggali potensi dirinya untuk semakin luas berjejaring dengan teman-teman di Dubai yang sudah berpengalaman lebih daripada dirinya. Khususnya, ia ingin membawa nama Palembang dan Sumatera Selatan sebagai pelopor pembangunan berbagai sektor melalui diskusi kritis di forum ini.

“Saya justru pengen adanya Kevin 2, Kevin 3, mungkin Kevin yang ke 1000 nanti ini yang bisa menginspirasi banyak orang dan melakukan hal yang lebih baik lagi sekaligus berkontribusi kemajuan Palembang. Bukan hanya di mindset pemuda saja, tapi all sector is supposed to be developed,” pungkasnya di penghujung obrolan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini