5 Tips Memerangi Pemanasan Global, Bisa Kamu Lakukan di Rumah

5 Tips Memerangi Pemanasan Global, Bisa Kamu Lakukan di Rumah
info gambar utama

Kawan GNFI sudah tahu belum apa itu pemanasan global ? Atau jangan-jangan Kawan cuman tahu “Pemanasan Global?” Gawat nih, kalau kawan GNFI cuman tahu itu. Pemanasan global (Global Warming) merupakan kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi.

Penyebab pemanasan global terjadi akibat ulah manusia itu sendiri, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan produksi industry, telah menyebabkan peningkatan emisi gas rumah kaca secara signifikan. Ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global seperti perubahan iklim yang ekstrim, peningkatan suhu global, naiknya permukaan air laut, dan berbagai ancaman bencana alam yang serius bagi ekosistem dan kehidupan manusia.

Dampak paling nyata dari pemanasan global yang saat ini kita bisa saksikan dan rasakan adalah banjir, kekeringan, badai tropis yang lebih kuat, dan kenaikan suhu yang ekstrim menjadi semakin sering terjadi. Selain beberapa hal itu, es di Kutub Utara menjadi lebih cepat mencair yang menyebabkan naiknya permukaan air laut yang mengancam pulau-pulau kecil dan pesisir. Lebih parah lagi jika pemanasan global terus terjadi Ibukota Jakarta bisa tenggelam dalam beberapa tahun ke depan. Ngeri kan, jika hal itu benar terjadi.

Berbagai Upaya untuk mengurangi pemanasan global gencar dilakukan pemerintah negara maupun PBB. Kawan GNFI bisa berperan juga untuk memerangi pemanasan global di rumah loh. Jika jutaan orang melakukan hal ini, banyak dampak positif terhadap kesehatan bumi kita. Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan Kawan GNFI untuk bisa memerangi pemanasan global? Berikut diantaranya! Dilansir dari Gramedia.com.

baca juga: Hutan Indonesia sebagai Media Perang Pemanasan Global

1. Menggunakan Transportasi Umum dan Sepeda

Cara mengatasi pemanasan global pertama adalah membatasi penggunaan mobil dan sepeda motor. Penggunaan kendaraan pribadi hanya untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat Kawan bisa memulai berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain bisa membatas peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer. Berjalan kaki dan bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan badan Kawan loh.

Sementara untuk bepergian ke jarak yang lebih jauh, Kawan bisa menggunakan angkutan umum massal, seperti busway, kereta api ataupun ojek online. Apalagi sekarang sudah banyak pilihan angkutan umum untuk digunakan.

2. Kurangi Penggunaan Peralatan yang Mengandung CFC

CFC (Cloro Flour Carbon) adalah salah satu dari sekian banyak senyawa, yang tersusun atas karbon, fluor, dan klorin. Biasanya CFC terkandung dalam kulkas dan Air Conditioner (AC), Kawan GNFI perlu tahu bahwa saat ini CFC menyumbang 20% dalam proses terjadinya efek rumah kaca.

Untuk mengatasi ruang suhu yang panas, kita bisa merancang sebuah bangunan dengan ventilasi udara yang baik, sehingga penggunaan AC bisa dikurangi. Namun, seandainya penggunaan AC diperlukan Kawan bisa memakai AC non CFC yang ramah lingkungan.

Sama hal nya dengan penggunaan kulkas Kawan, sebaiknya memakai kulkas non CFC untuk menghindari efek rumah kaca agar pemanasan global tidak semakin memburuk.

3. Mematikan Perangkat Elektronik Saat Tidak Terpakai

Mematikan perangkat elektronik seperti lampu, kipas, AC, Komputer, dan semua alat elektronik bisa mengurangi pemanasan global juga loh, Kawan GNFI.

Menggunakan lampu LED juga merupakan cara cerdas untuk meningkatkan efisiensi energi. Apalagi dengan harga lampu LED yang sudah terjangkau. Memakai alat-alat elektronik dengan daya listrik rendah juga dapat membantu untuk menekan volume penggunaan listrik dengan cukup efektif dan efisien.

4. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Menggunakan produk ramah lingkungan seperti produk pembersih yang tidak berbahaya, peralatan rumah tangga yang hemat energi, dan mengganti penggunaan kantong plastik sekali pakai dengan tote bag. Hal tersebut bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dan bisa membantu mengurangi sampah.

5. Menanam Pohon

Kawan GNFI perlu tahu, dengan menanam pohon banyak sekali manfaat yang didapatkan salah satunya, bisa meredam gas rumah kaca. Pohon berfungsi menyimpan karbon yang menjadi sumber utama penyebab pemanasan global. Dengan adanya pohon zat karbon akan diikat oleh pohon dan disimpan untuk menjadi bahan makanan yang akan diproses dalam fotosintesis.

baca juga: Alarming! Deforestasi di Asia Tenggara Semakin Mengkhawatirkan

Memerangi pemanasan global bisa Kawan, lakukan di rumah bukan hanya tentang mengurangi emisi gas rumah kaca, tetapi mengadopsi pola pikir dan gaya hidup yang berkelanjutan. Dengan menerapkan tips-tips ini dalam kehidupan sehari-hari, Kawan GNFI bisa ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan memberikan kontribusi yang positif dalam mengatasi pemanasan global


referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/cara-mengatasi-pemanasan-global/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini