Menjaga Kesehatan Mental Melalui Art Therapy

Menjaga Kesehatan Mental Melalui Art Therapy
info gambar utama

Saat ini menjaga kesehatan mental ,menjadi hal yang sangat penting dan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Namun, anak muda jaman sekarang, seringkali sulit untuk menjaga kesehatan mental yang optimal. Melansir dari Urbanasia.com hasil dari riset yang dilakukan oleh Garmin, bahwa orang Indonesia mempunyai tingkat stres tertinggi di Asia.

Kawan GNFI, perlu tahu menjaga kesehatan mental bisa dilakukan melalui terapi seni atau lebih dikenal dengan sebutan art therapy. Art therapy merupakan salah satu jenis psikoterapi yang menggunakan seni sebagai media utamanya. Terapi ini menjadi salah satu cara untuk menenangkan dan meningkatkan kesadaran diri bagi seseorang yang memiliki masalah terhadap kesehatan mentalnya.

Teknik yang digunakan dalam terapi seni dapat mencakup menggambar, melukis, mewarnai, mematung, atau membuat kolase. Kawan GNFI, tidak perlu cemas jika tidak memiliki kemampuan artistik, karena semua orang dari berbagai kalangan bisa menerapkan terapi seni ini.

Kawan GNFI penasaran kan bagaimana art therapyini bekerja, dan apa saja manfaat yang bisa Kawan peroleh jika Kawan melakukan art therapy ini. Yuk, simak penjelasannya!

baca juga: Indonesia dan Upayanya dalam Kesehatan Mental

Bagaimana Art Therapy Bekerja?

Art therapy memberikan sarana ekspresi nonverbal dan kreatif bagi setiap orang untuk bisa mengungkapkan emosi yang sulit diungkapkan lewat kata-kata. Melalui kegiatan seperti menggambar, melukis, atau kegiatan seni lainnya, seseorang bisa menggambarkan, dan mewakili perasaan yang terpendam. Dengan menciptakan karya seni dapat memberikan kesempatan untuk menyalurkan emosi dengan cara yang bebas, tanpa batasan atau penilaian.

Ketika seseorang terlibat dalam proses kreatif, otak mengalami relaksasi dan perubahan hormon positif. Dengan kegiatan seni memungkinkan seseorang untuk mengalihkan perhatian dari pikiran yang negatif, serta meredakan stres yang dialami.

Manfaat Dari Art Therapy

Ada beberapa manfaat yang bisa Kawan peroleh jika Kawan melakukan terapi ini, manfaat di antaranya, sebagai berikut:

Mengelola Stres dan Kecemasan

Art therapy memberikan wadah untuk mengurangi stres dan kecemasan yang seringkali menghantui kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan kreatif seperti melukis, menggambar, atau membuat kolase, individu dapat meredakan ketegangan emosional, mengalihkan perhatian dari pikiran yang meresahkan, dan menciptakan keadaan pikiran yang tenang. Art therapy memungkinkan individu untuk berfokus pada proses kreatif, mengurangi tekanan hidup, dan meningkatkan kualitas tidur.

baca juga: Mendengarkan Musik, Menjaga Kondisi Kesehatan Mental Atau Membuat Candu?

Melepaskan Emosi Negatif

Art therapy memberikan ruang yang aman dan terstruktur bagi seseorang untuk mengungkapkan emosi yang mungkin sulit diungkapkan secara verbal. Melalui seni, seseorang dapat mengeksplorasi dan mengkomunikasikan perasaan yang terpendam, trauma, atau kompleksitas emosional yang mungkin sulit dipahami atau diungkapkan dengan kata-kata. Seni menjadi bahasa yang universal dan memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri dengan bebas, tanpa takut dihakimi atau dihukum.

Membantu Menghilangkan Trauma

Art therapy telah terbukti efektif dalam membantu individu yang telah mengalami trauma atau pengalaman sulit untuk memulihkan diri. Proses berkarya seni memungkinkan individu untuk mengolah dan mengungkapkan pengalaman traumatis dengan cara yang aman dan terkontrol.

Melalui art therapy, individu dapat mengurangi beban emosional yang terkait dengan trauma, mengembangkan pemahaman baru tentang diri mereka sendiri, dan membangun ketahanan mental yang diperlukan untuk pemulihan.

Meningkatkan Kesadaran Diri

Art therapy dapat membantu individu meningkatkan kesadaran diri dan pemahaman tentang identitas mereka. Melalui refleksi terhadap karya seni yang dihasilkan, individu dapat menggali makna dalam pengalaman hidup, mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, serta mengidentifikasi nilai-nilai dan keyakinan yang membentuk diri mereka.

Art therapy memungkinkan seseorang untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan diri mereka sendiri, meningkatkan penghargaan diri, dan memperkuat identitas yang positif.

Menjadikan Diri Menjadi Lebih Bahagia

Melalui ekspresi kreatif, pemrosesan emosi, dan refleksi diri, art therapy membantu individu merasa lebih bahagia, lebih puas, dan lebih bermakna dalam kehidupan mereka. Aktivitas seni memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kreatif, memperluas persepsi, mengurangi gejala depresi dan kelelahan mental, serta meningkatkan pemahaman diri yang mendalam.

baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja, Apa Saja?

Nah Kawan GNFI, sudah tahu bagaimana Art therapy itu bekerja dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari art therapy.Jadi kalau Kawan, sedang stres dan lelah dengan segala aktivitas Kawan, bisa menerapkan art therapyini. Dengan menjaga kesehatan mental agar tetap waras tentunya bisa berpengaruh juga terhadap kondisi yang lain.

referensi:

https://www.urbanasia.com/style/riset-garmin-tingkat-stres-orang-indonesia-tertinggi-di-asia-U50283

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini