Kota Paling Inovatif di Asia Tenggara 2022-2023

Kota Paling Inovatif di Asia Tenggara 2022-2023
info gambar utama

Asia Tenggara merupakan wilayah yang dipenuhi dengan beragam budaya, sumber daya alam, dan dinamika sosial yang kaya. Di tengah perkembangan ekonomi, dan teknologi serta urbanisasi yang pesat, beberapa kota di Asia Tenggara telah mengalami peningkatan inovasi dan teknologi yang menarik perhatian dunia.

Mengutip dari rilisan Innovation Cities Index merilis 500 daftar kota-kota paling inovatif di dunia tahun 2023. Setiap tahunnya 165 indikator dipilih untuk bisa membuat peringkat indeks kota inovasi terhadap 500 kota di dunia.

Di antaranya yakni, kemajuan digital, tingkat kecerdasan, kelangsungan hidup warganya, dan perkembangan ekonomi. Selain itu ada juga faktor transportasi, pariwisata dan perdagangan.

Kawan GNFI, penasaran kan, kota-kota mana saja yang masuk dalam kota paling inovatif di Asia Tenggara. Yuk! simak daftar kota mana saja yang masuk dalam indeks berikut.

baca juga: Singapura Geser Jepang Jadi Pemilik Paspor Terkuat di Dunia, RI Nomor Berapa?

Singapura

Jika berbicara tentang inovasi kota, Singapura menjadi kota paling inovatif dengan peringkat pertama di zona Asia Tenggara, dengan score 55 mengukuhkan Singapura menjadi kota paling inovatif di Asia Tenggara. Bahkan Singapura menduduki peringkat ke-5 kota paling inovatif di dunia.

Hal ini terbukti karena banyaknya inovasi yang dilakukan kota Singapura. Melalui dukungan pemerintah dan masyarakatnya, Singapura berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan teknologi dan inovasi dalam berbagai sektor, termasuk transportasi, kesehatan, dan pelayanan publik.

Bangkok

Kota paling inovatif peringkat kedua datang dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Dengan score 43 menjadikan ibu kota Thailand ini menjadi kota paling inovatif peringkat kedua di Asia Tenggara, dan menempati posisi ke-145 kota paling inovatif di dunia.

Bangkok mengalami banyak perkembangan dan menjadi pusat regional yang dapat menyaingi Singapura. Pusat teknologi dan bisnis yang sedang berkembang menarik perhatian perusahaan besar dan start-up kecil untuk membuka usaha disini. Bangkok juga tercatat sebagai salah satu kota dengan laju penambahan gedung pencakar langit tercepat.

Kuala Lumpur

Ibu kota Negeri Jiran ini menjadi kota dengan peringkat ke-3 kota paling inovatif di Asia Tenggara dengan score 43 dan ada di urutan 163 di dunia.

Kuala Lumpur, telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dan telah bertransformasi menjadi salah satu kota paling modern di wilayah Asia Tenggara. Fokusnya terhadap smart city dan teknologi, telah mendorong inovasi dalam berbagai bidang. Berbagai inisiatif pemerintah juga telah memberikan dorongan besar bagi kota ini untuk terus melaju dalam ranah inovasi.

Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta menempati posisi ke-4 kota paling inovatif di Asia Tenggara dengan score 41 dan menempati urutan 246 di dunia.

Kota ini menjadi pusat tempat inovasi yang menarik. banyak start-up bermunculan di berbagai sektor, termasuk teknologi, e-commerce, pelayanan publik, dan transportasi, telah berkembang pesat di kota ini. Pemerintah juga berusaha untuk bisa mendorong inovasi melalui berbagai kebijakan dan program dukungan.

baca juga:Ada Misi Khusus dari Jokowi untuk Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023, Apa Itu?

Manila

kota asal negara Filipina ini menduduki peringkat ke-5 dalam kota paling inovatif di Asia Tenggara dengan score 38 dan menempati uruan 325 di dunia.

Meskipun dihadapkan pada tantangan infrastruktur dan kemiskinan, kota ini berhasil menunjukan potensi besar untuk menjadi pusat inovasi dan teknologi. Melalui kolaborasi yang kuat antara publik dan swasta serta pemberdayaan pengusaha, kota ini berpotensi untuk bisa menciptakan solusi yang inovatif.

Kota-kota di Asia Tenggara telah mengalami pertumbuhan pesat di berbagai sektor, dan inovasi telah menjadi salah satu pendorong utama di balik kemajuan wilayah ini. Dengan terus mendorong pengembangan teknologi dan sektor lainnya kota-kota ini bisa berpotensi untuk mengubah lanskap ekonomi dan sosial di wilayah Asia Tenggara dalam beberapa tahun mendatang.


referensi:

https://innovation-cities.com/innovation-cities-index-2022-2023-asean-most-developed-cities/26441/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini