Kenali Media Buyer, Tugasnya Apa Saja?

Kenali Media Buyer, Tugasnya Apa Saja?
info gambar utama

Pemasaran menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik bisnis maupun usaha. Banyak sekali upaya untuk melakukan pemasaran, seperti contohnya melakukan promosi periklanan untuk memberitahukan produk yang dijual melalui berbagai media yang dapat berupa iklan di televisi, koran, majalah, radio atau web lainnya.

Ternyata, dalam melakukan promosi tersebut ada orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pembelian slot iklan sebelum iklan promosi benar-benar terbit. Mereka yang bekerja seperti itu dinamakan media buyer.Media buyer menjadi penghubung antara klien dengan perusahaan penjualan media, untuk melakukan promosi dengan negosiasi harga yang saling menguntungkan.

Jadi media buyer itu tidak bisa asal-asalan, loh Kawan GNFI harus tahu dan paham mengenai tugas yang dilakukan agar tidak merugikan banyak pihak. Berikut ini adalah 7 tugas seorang media buyer yang perlu Kawan GNFI pahami terlebih dahulu.

1. Orang yang Bertugas dalam Membeli Slot Iklan untuk Promosi

Setiap iklan suatu produk yang kita lihat di berbagai media, merupakan hasil pekerjaan dari seorang media buyer. Mereka bertugas melakukan pembelian slot iklan untuk para klien yang ingin memperkenalkan produk yang dijual kepada para audiens dengan berbagai macam promosi di media dan menggunakan biaya seefisien mungkin.

Singkatnya, slot iklan harus dibeli terlebih dahulu agar iklan bisa terbit.

5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

2. Dapat Menentukan Target Audiens

Media buyer juga harus dapat menentukan target dari audiens dan media yang akan digunakan untuk melakukan iklan. Serta harus dapat memutuskan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens agar mereka tertarik untuk membeli produk yang diiklankan, sehingga sasaran yang menjadi target iklan harus sesuai dengan produknya.

3. Penghubung antara Target Audiens dengan Klien

Iklan yang ditayangkan harus berisi informasi yang sesuai dari produk yang akan diiklankan. Informasi ini dapat berupa rincian produk, harga jual serta manfaat dan kelebihan produk tersebut.

Melalui cara ini, maka seorang buyer sudah bertugas untuk menghubungkan target audiens dengan klien perusahaan. Penghubung antara taget audiens dengan klien merupakan kerja sama perusahaan dalam melakukan penerbitan iklan.

4. Melakukan Negosiasi Harga

Sebelum melakukan pembelian slot iklan, seorang media buyer harus melakukan diskusi untuk menentukan harga jual dan sewa, melakukan penawaran harga serta penyewaan waktu dengan pihak media untuk mendapatkan slot iklan dengan harga terbaik yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

5. Memastikan Iklan Klien akan Tayang Secara Akurat

Memastikan kembali iklan klien sudah akan tayang dan akurat. Maksudnya adalah memastikan bahwa iklan akan tayang sesuai dengan jadwal yang telah dijadwalkan dan iklan tayang dengan bahasa serta informasi yang akurat yang pesannya akan sampai kepada para audiens dan nantinya iklan yang sudah tayang dapat dilihat oleh banyak orang.

Kamu Multipotentialite? Coba Model Kerja Berikut Ini Demi Capai Karier Impian!

6. Mampu Menguasai Pengetahuan di Industri Media

Dengan adanya industri media yang bermacam-macam menjadikannya sebagai salah satu tempat untuk melakukan promosi sehingga seorang media buyerharus memiliki kemampuan untuk menguasai pengetahuan tentang media produksi serta cara berkomunikasi yang baik.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara atau metode yang cocok untuk digunakan dalam memasarkan suatu produk.

7. Mengumpulkan Data

Tugas media buyer yang terakhir adalah dapat melakukan analisis data untuk melihat peluang. Pengumpulan data penjualan dan data konsumen yang akan dianalisa untuk melakukan evaluasi tentang efektivitas kampanye iklan.

Nah, itulah beberapa tugas profesi media buyer yang harus Kawan GNFI tahu. Setelah membaca artikel ini, apakah Kawan GNFI tertarik berkarier di bidang ini?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini