Perplexity AI, Mesin Pencari Berbasis AI Pesaing Chat GPT

Perplexity AI, Mesin Pencari Berbasis AI Pesaing Chat GPT
info gambar utama

Saat ini teknologi artificial intelligence (AI) berkembang sangat pesat. Beberapa waktu lalu muncul ChatGPT, sekarang muncul teknologi AI bernama Perplexity AI.

Apa itu Perplexity AI?

Perplexity AI adalah sebuah mesin pencari berbasis AI yang beroperasi seperti chatbot. Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan, pengguna dapat mencari informasi mengenai berbagai topik dengan melakukan percakapan bersama mesin tersebut. Perplexity AI akan memberikan jawaban sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna.

Siapa Orang Dibalik Perplexity AI?

Mereka mungkin asing bagi Anda, namun orang-orang dibalik Perplexity AI ini bukan orang sembarangan. Sebut saja ada Aravind Srivinas sebagai pimpinan Perplexity AI, Denis Yarats, Johnny Ho dan juga Andy Konwinsky.

Walaupun mereka tidak terlalu terkenal di kalangan orang awam, namun mereka punya rekam jejak dan pengalaman yang mumpuni dalam pengembangan teknologi AI.

Persamaan Perplexity AI dengan ChatGPT

Cara kerjanya yang sederhana membuat Perplexity AI memiliki kesamaan dengan ChatGPT. Kedua teknologi ini dianggap memiliki tingkat "kepintaran" yang sama karena keduanya mampu menjawab pertanyaan lanjutan berdasarkan pertanyaan awal yang saling terkait.

Persamaan ini muncul karena Perplexity AI juga menggunakan model bahasa Generative Pre-training Transformer (GPT), meskipun versi yang digunakan adalah GPT-3.5, yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan GPT-4 yang digunakan oleh ChatGPT.

Namun jangan khawatir, kalau ada anggaran lebih dan ingin menggunakan Claude-2 atau GPT-4, Kawan bisa menggunakan yang versi Pro.

Keunggulan Perplexity dibandingkan ChatGPT

Tidak hanya menggunakan model bahasa, Perplexity AI juga menggabungkannya dengan algoritma kecerdasan buatan berbasis Natural Language Processing (NLP). Algoritma ini memungkinkan Perplexity AI untuk memberikan jawaban dan informasi yang akurat kepada pengguna. Kemampuan di atas rata-rata ini membuat Perplexity AI dianggap sebagai pesaing utama dari ChatGPT.

Dalam operasinya, Perplexity AI menggunakan metode indexing dan Large Language Model (LLM) saat pengguna memberikan instruksi. Misalkan pengguna ingin mencari informasi tentang suatu topik melalui Perplexity AI dengan berinteraksi melalui chat. Aplikasi ini akan melakukan pencarian dengan menyelami indeks pencarian dan menarik laman-laman di internet yang relevan dengan instruksi yang diberikan.

Setelah proses pencarian selesai, hasil-hasil pencarian akan disajikan oleh Perplexity AI melalui chatbot LLM. Algoritma ini akan menyisir laman web yang telah dipilih sebelumnya dan memberikan jawaban sesuai dengan keinginan pengguna.

Hasil jawaban yang disajikan oleh Perplexity AI hanya akan berasal dari sumber yang jelas karena teknologi ini telah dilatih untuk tidak memberikan informasi yang tidak berasal dari sumber yang valid.

Kabar baiknya, Perplexity AI ini juga mendukung Bahasa Indonesia. Jadi kawan cukup masukkan kata atau kalimat dalam Bahasa Indonesia, kemduian Perplexity akan menampilkan hasilnya ke dalam bahasa Indonesia juga. Lengkap dengan jawaban dan website yang menjadi rujukannya.

Contoh Perplexity AI menggunakan bahasa indonesia
info gambar

Fitur Andalan Perplexity AI

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Perplexity AI sebagai mesin pencari canggih antara lain:

Mesin Pencarian

Mesin pencari merupakan fitur utama Perplexity AI yang menyediakan jawaban secara lugas, akurat dan dilengkapi dengan sumber yang terpecaya di internet. Pengembangnya merancang Perplexity AI untuk memberikan jawaban dengan sitasi seperti naskah akademis. Dengan demikian hasil yang dihasilkan oleh Perplexity AI akan menambah kredibilitasnya.

Edit Pertanyaan

Fitur Perplexity AI yang kedua adalah edit pertanyaan. Pengguna dapat mengedit pertanyaan yang diinput untuk mendapatkan jawaban yang lebih memuaskan sampai ketemu jawaban yang akurat.

Fokus Riset

Pengguna dapat melakukan riset terfokus melintasi berbagai website seperti Wikipedia, Reddit, YouTube, artikel berita, dan naskah akademis melalui aplikasi ini. Perplexity AI juga menyediakan tautan terkait topik yang telah dicari sebelumnya untuk membantu pengguna dalam mendalami suatu topik.

Threads

Hasil pencarian dan tanggapan dari chatbot AI disajikan dalam bentuk utas atau threads. Pengguna dapat melihat utas yang telah dibuat dan membagikannya melalui tautan tersendiri. Selain itu, pengguna dapat memantau jumlah views, likes, dan shares pada utas mereka atau menghapusnya jika dianggap tidak relevan lagi. Fitur ini juga memungkinkan interaksi dengan utas yang telah dibuat oleh pengguna lain.

Kurasi Sumber

Pengguna dapat mengelola kembali sumber yang dikutip oleh Perplexity AI dalam utas mereka, termasuk menghapus atau menambahkan sumber tertentu. Fitur ini cocok sekali digunakan untuk Kawan yang membutuhkan rujukan kredibel saat menulis skripsi.

Chrome Extension

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai ekstensi pada mesin pencarian Chrome karena fiturnya yang terhubung dengan internet.

Versi terbaru dari aplikasi ini juga telah mengadopsi GPT-4 yang menyediakan fitur copilot, sehingga Perplexity AI dapat berfungsi sebagai asisten virtual dalam berselancar di mesin pencarian milik Google.

Berbeda dengan ChatGPT

Perbandingan antara ChatGPT dan Perplexity AI menunjukkan beberapa perbedaan antara keduanya. Versi gratis dari ChatGPT tidak terhubung dengan internet, sementara Perplexity AI memberikan fitur terhubung dengan internet secara gratis.

Selain itu, ChatGPT memiliki basis data yang berhenti di tahun 2021, sementara Perplexity AI dianggap unggul karena memiliki basis data AI hingga akhir 2022.

Versi lengkap Perplexity AI pun baru dapat diakses melalui situs resminya dan App Store, sedangkan ChatGPT sudah tersedia di Play Store untuk pengguna Android.

Cara Menggunakan Perplexity AI

Untuk menggunakan Perplexity AI, Kawan bisa melalulai beberapa cara, diantaranya :

Melalui web

Cara pertama, Kawan bisa menggunakan web untuk mengaksesnya. Cukup buka browser lalu ketik https://www.perplexity.ai/.

Dengan aplikasi di smartphone

Pengguna dapat mengunduh aplikasinya dari App Store untuk pengguna Apple atau mengakses situs resmi untuk pengguna Android. Beberapa fitur tambahan tersedia dengan membuat akun pada aplikasi atau situs.

Melalui Chrome Extention

Dengan menggunakan ekstensi ini Kawan bisa langsung mengakses Perplexity langsung dari browser tanpa perlu ngetik domainnya. Caranya download dulu ekstensi yang bernama Perplexity - AI Companion lalu install. Setelah selesai, klik iconnya dan Perplexity akan terbuka dan siap digunakan.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, Perplexity AI menjadi mesin pencari canggih yang menyediakan jawaban yang akurat dan informatif bagi pengguna terutama Kawan yang sedang mengerjakan skripsi! Tertarik untuk mencoba?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CH
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini