Yuk, Mulai Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Dingin!

Yuk, Mulai Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Dingin!
info gambar utama

Walau sedang memasuki musim kemarau, sebagian wilayah Indonesia sedang dilanda cuaca dingin, terutama di malam hari. Di Bandung misalnya, dinginnya malam di sana dapat mencapai cuaca sedingin 17 derajat celcius.

Perubahan cuaca ini disebabkan oleh angin Monsoon Dingin Australia yang sedang bertiup ke Indonesia. Karena tiupan angin ini, beberapa wilayah Indonesia mengalami penurunan suhu, terutama yang berada di selatan khatulistiwa, seperti pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Perubahan cuaca yang terjadi secara drastis ini perlu diantisipasi agar tidak jatuh sakit. Jika sakit, kehidupan sehari-hari akan terganggu, terutama pada mereka yang memiliki jadwal super padat. Oleh karena itu, beberapa tips ini bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit di tengah cuaca yang tidak bersahabat.

1. Minum Cukup Air Putih

Air putih sangat melimpah di sebagian besar wilayah Indonesia, tetapi seringkali disepelekan. Sehari-harinya, tubuh pun memerlukan 6-8 gelas air putih untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Tubuh sendiri terdiri dari 60% air, sehingga air adalah komposisi penting yang harus selalu dipenuhi oleh manusia.

Air putih penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab sumber kehidupan ini berfungsi untuk mencegah dehidrasi yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh menjadi lemas. Selain itu, minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, meningkatkan stamina, sampai menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk membiasakan diri meminum air putih secara cukup, Kawan bisa mulai selalu membawa air dengan botol di manapun. Usahakan agar air itu selalu berada di dekat Kawan, sehingga Kawan selalu ingat bahwa ada air yang dapat diminum. Misalnya, ketika mengerjakan tugas, taruh air di samping laptop agar air itu selalu terlihat. Selain itu, Kawan juga dapat mulai mengganti minuman apapun dengan air putih selepas makan agar semakin banyak air yang dikonsumsi.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Memperlambat Penuaan

2. Rutin Olahraga

Olahraga semakin jarang diminati, terutama di era di mana semuanya serba praktis seperti ini. Maka dari itu, tidak aneh terdengar istilah “pemuda jompo” yang merujuk pada para pemuda yang sudah sakit-sakitan atau lemah walaupun umurnya masih muda.

Dikutip dari Halodoc, penelitian menyebutkan orang yang rajin berolahraga cenderung lebih sehat daripada yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Hal itu disebabkan karena olahraga mampu mengubah antibodi dan sel darah putih yang berfungsi sebagai sel imun yang berfungsi mencegah penyakit, seperti flu, menyerang tubuh. Selain penyakit yang dialami sehari-hari tersebut, olahraga juga dapat mencegah penyakit-penyakit keras. Penelitian membuktikkan, orang yang olahraga 150 menit dalam seminggu memiliki risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Memperlambat Penuaan

3. Makan Makanan Sehat

Makanan sehat pada dasarnya sangat melimpah, apalagi di Indonesia dengan beragam makanan tradisional yang sehat, seperti pecel, lotek, gado-gado, rujak, dan lain sebagainya. Akan tetapi, makanan sehat biasanya sepi peminat karena rasanya yang tidak sesedap makanan cepat saji atau fast food yang mulai menjamur di mana-mana.

Populernya makanan cepat saji menyebabkan kultur konsumsi yang tidak sehat pada masyarakat. Terlepas dari rasanya yang enak, memakan makanan cepat saji dapat menyebabkan obesitas, diabetes, hipertensi, dan gangguan lemak darah. Selain makanan cepat saji, terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, pedas, dan banyak gula dapat memperparah flu ketika sedang sakit.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dalam cuaca yang ekstrim, tentu mengganti menu makanan menjadi makanan sehat adalah sebuah keharusan. Kawan dapat memulai mengganti makanan dengan gizi yang seimbang. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Kawan dapat mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan dengan fungsi memperkuat imun tubuh. Selain antioksidan, protein yang didapatkan dengan mengonsumsi daging ayam maupun ikan juga penting untuk meningkatkan kinerja imun tubuh.

Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat untuk menghadapi cuaca dingin malam hari yang mulai menerjang berbagai wilayah Indonesia selama ini! Tubuh yang kuat penting untuk menjaga produktivitas di tengah cuaca yang tidak bersahabat.

Referensi:

  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/17/183000165/suhu-dingin-landa-sejumlah-wilayah-indonesia-ini-sebabnya-menurut-bmkg?page=all#:~:text=Monsoon%20Dingin%20Australia%20bertiup%20menuju,di%20beberapa%20daerah%20di%20Indonesia.
  • https://www.halodoc.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-cuaca-ekstrem
  • https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230720100501-199-975508/bmkg-bongkar-penyebab-suhu-dingin-malam-saat-kemarau-di-bandung
  • https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  • https://www.halodoc.com/artikel/10-manfaat-olahraga-teratur-untuk-kesehatan-tubuh-1
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2182/pengaruh-makanan-cepat-saji-terhadap-kesehatan-remaja#:~:text=Namun%2C%20kebiasaan%20makan%20dengan%20mengonsumsi,gangguan%20lemak%20darah%20atau%20dislipidemia.
  • https://www.halodoc.com/artikel/7-makanan-yang-bikin-flu-dan-batuk-makin-parah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini