RI Ekspor Permen hingga Keripik ke Kanada, Transaksi Capai Rp1,5 Miliar

RI Ekspor Permen hingga Keripik ke Kanada, Transaksi Capai Rp1,5 Miliar
info gambar utama

Produk makanan ringan dan minuman Indonesia kembali menembus pasar Kanada. Total nilai transaksi dari ekspor ini nyaris mencapai 100 ribu dolar AS atau Rp1,5 miliar.

PT Savoria Kreasi Rasa—perusahaan FMCG milik Djarum—berhasil mengekspor produk permen dan kopi instan dengan total pengiriman sebanyak 6,5 ton melalui pintu masuk jalur pantai utara.

Pada pengiriman yang sama, produk waferroll dan keripik pisang dikirimkan dengan label pribadi ‘Golden Panda’ oleh produsen besar Indonesia lainnya dengan total pengiriman mencapai 20 ton.

Proses bongkar muat peti kemas produk-produk tersebut telah dilakukan di Vancouver, British Kolumbia, Kanada, pada Selasa lalu (25/7/2023).

“Kami bangga produk makanan ringan dan minuman Indonesia berhasil kembali menembus pasar Kanada. Ini membuktikan produk Indonesia memiliki potensi untuk diterima konsumen di Kanada,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dalam keterangan tertulis Kementerian Perdagangan, Rabu (26/7/2023).

Dobrak Pasar Thailand-China, Ekspor Kapulaga Sumut Tembus Rp18,5 Miliar

Kepala ITPC Vancouver Andri Satria Permana mengatakan, produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia memiliki keunggulan dan kekhasan yang berpotensi diterima secara luas di pasar Kanada. Dia berharap, realisasi ekspor ke Kanada kali ini dapat mendorong produk Indonesia semakin dikenal luas oleh masyarakat Kanada.

Setelah pemeriksaan selesai, semua kontainer diserahkan kepada perwakilan Uno Foods Inc.—importir, distributor, dan grosir makanan Asia di Kanada—sebagai buyer yang akan melakukan distribusi di pasar Kanada.

Ekspor kali ini merupakan tindak lanjut dari beberapa pameran dagang termasuk Trade Expo Indonesia (TEI) dan business matching yang telah dilakukan oleh ITPC Vancouver. Dalam diskusi singkat, perwakilan UNO Food menyampaikan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan dukungan dari ITPC Vancouver. Mulai dari pemilihan produk hingga proses pengiriman ke Kanada.

Rebutan Pasar Ekspor, Begini Jurus RI buat Geser 3 Negara Ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini