Produk Snack dan Minuman Indonesia Makin Disukai di Kanada

Produk Snack dan Minuman Indonesia Makin Disukai di Kanada
info gambar utama

Produk makanan ringan dan minuman Indonesia kembali sukses merambah pasar Kanada. Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver memantau proses bongkar muat peti kemas produk makanan ringan dan minuman asal Indonesia di Vancouver, Kanada pada Selasa lalu (25/7).

Total nilai transaksi ekspor produk makanan dan minuman ini hampir mencapai USD 100 ribu. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, menyatakan kebanggaannya atas kesuksesan produk makanan ringan dan minuman Indonesia di pasar Kanada.

Ia menegaskan bahwa produk Indonesia memiliki potensi besar untuk diterima oleh konsumen di Kanada, dan pencapaian ini tak lepas dari upaya konsisten ITPC Vancouver dalam memfasilitasi penjajakan bisnis.

Alasannya, terdapat keunggulan dan kekhasan produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia yang berpotensi mendapat sambutan luas di pasar Kanada.

"Realisasi ekspor juga diharapkan meningkatkan citra dan daya saing dalam berkompetisi dengan produk-produk pesaing yang telah terlebih dahulu masuk dan menguasai pasar Kanada,” katanya

Melalui upaya promosi yang tepat dan konsisten, diharapkan ekspor ke Kanada semakin memperkuat citra dan daya saing produk Indonesia dalam bersaing dengan pesaing di pasar Kanada

Indonesia Mau Dagang Karbon Mulai September 2023, Pakai Skema Mirip Pasar Saham

Peti kemas produk permen dan kopi instan dengan total pengiriman 6,5 ton berhasil diekspor melalui pintu masuk jalur pantai utara. Pengiriman ini juga mencakup produk wafer roll dan keripik pisang dengan label pribadi 'Golden Panda' dari produsen besar Indonesia lainnya dengan total pengiriman mencapai 20 ton.

Harapannya, pengiriman ini menjadi awal dari terus berkembangnya ekspor produk Indonesia ke Kanada.

Data Kementerian Perdagangan mencatat bahwa impor produk mamin dari Kanada ke seluruh dunia pada tahun 2022 terus meningkat mengikuti tren positif tahun sebelumnya. Impornya tumbuh sebesar 11,63 persen pada tahun 2021 dan menjadi 16,15 persen pada Januari—Februari 2022.

Impor dari Indonesia ke Kanada naik 9,52 persen dibandingkan tahun 2021, dengan total nilai impor mencapai USD 21,84 juta pada tahun 2022. Pangsa pasar ekspor produk mamin Indonesia dari total ekspor Indonesia ke Kanada tercatat sebesar 7,9 persen.

Forbes Rilis 10 Wanita Terkaya se-Asia Tenggara, Juara 1 dari Indonesia!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini