Forbes Rilis 10 Wanita Terkaya se-Asia Tenggara, Juara 1 dari Indonesia!

Forbes Rilis 10 Wanita Terkaya se-Asia Tenggara, Juara 1 dari Indonesia!
info gambar utama

Forbes Real Time Billionaires merilis nama-nama perempuan terkaya di Asia Tenggara pada Minggu (23/7/2023). Tak disangka, sosok perempuan yang menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut berasal dari Indonesia. Siapakah dia?

Adalah Dewi Kam, pengusaha perempuan asal RI yang memiliki harta kekayaan mencapai 4,3 miliar dolar AS atau Rp64,5 triliun (kurs Rp15.000/dolar AS). Jumlah ini jauh di atas wanita terkaya di Asia Tenggara lainnya.

Posisi kedua diisi oleh Somurai Jaruphnit asal Thailand dengan kekayaan sebesar 3,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp58,5 triliun. Kemudian disusul oleh Teresita Sy-Coson asal Filipina dengan harta senilai 2,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp34,5 triliun.

Dari mana sumber kekayaannya?

Sosok Dewi Kam sudah tak asing lagi mengingat namanya yang menjadi satu-satunya wanita dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia. Ia juga berada di posisi ke-679 sebagai “crazy rich” di dunia.

Melansir detikfinance, Minggu (23/7/2023), Dewi Kam merupakan pengusaha sekaligus pemilik saham minoritas di perusahaan tambang batu bara di Indonesia PT Bayan Resources Tbk. Adapun jumlah kepemilikannya sebesar 10 persen.

Berkat kepemilikan saham itu, Dewi Kam sukses memperoleh sebagian besar kekayaannya. Seperti diketahui, nilai saham Bayan Resources sempat naik tiga kali lipat pada 2022 di tengah krisis energi global.

3 Perempuan Indonesia yang Berjasa di Bidang Teknologi

Perempuan dalam pembangunan

Tak hanya Dewi Kam, masih banyak perempuan di Indonesia yang berhasil menjadi pengusaha dan mengembangkan bisnisnya. Dengan kata lain, perempuan juga bisa berperan strategis dalam pembangunan.

Data Badan Pusat Statistik pada 2022 menunjukkan, sebesar 60 persen pemain industri kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah perempuan. Sektor ini disebut mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan menghimpun 60,4 persen dari total investasi. Dari sektor ini pula Indonesia bisa memperoleh pendapatan ekspor hingga 291,98 miliar dolar AS.

Peran penting perempuan terhadap perekonomian juga diangkat menjadi isu global dalam rangkaian acara G20 yang lalu, yakni B20–G20 Dialogue Women in Business Action Council pada 23 Agustus 2022.

Seperti diketahui, forum bisnis internasional yang dipimpin Indonesia itu menghasilkan platform bernama One Global Women Empowerment (OGWE). Dengan ini, perempuan yang memiliki UMKM bisa memperoleh dukungan dan pengembangan.

Bagaimana Partisipasi Perempuan di Parlemen Asia Tenggara?

Referensi:

Detikfinance. Sosok Dewi Kam WNI yang Jadi Wanita Terkaya di Asia Tenggara 2023. https://finance.detik.com/sosok/d-6837015/sosok-dewi-kam-wni-yang-jadi-wanita-terkaya-di-asia-tenggara-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini