Ajak Seniman, Pemerintah Mau Ciptakan Roh Seni dan Budaya di IKN

Ajak Seniman, Pemerintah Mau Ciptakan Roh Seni dan Budaya di IKN
info gambar utama

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak para seniman dari berbagai daerah di Indonesia untuk menciptakan roh seni dan budaya di IKN Nusantara. Langkah tersebut akan didukung dengan pengadaan teater dan museum.

Dilansir dari Antara, Kamis (3/8/2023), Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan pembangunan seni dan budaya di IKN selaras dengan pesan Presiden Joko Widodo terkait pembangunan IKN yang tak hanya soal infrastruktur, melainkan juga harus sesuai dengan Visi Indonesia 2045 yang mencakup seni dan budaya.

Menurutnya, identitas sebuah negara dimulai dari identitas ibukotanya, termasuk dari segi budayanya. Seperti perkataan seniman asal Inggris, William Shakespeare, “Cities are the people, not the buildings,” sebuah kota harus dinamis dan nyaman untuk dikunjungi.

Ada teater dan museum

Untuk mendukung langkah tersebut, OIKN telah menyiapkan rencana pembangunan teater dan museum di IKN. Museum di sini tidak hanya berbicara soal sejarah, melainkan juga soal masa depan seperti halnya Museum of The Future di Dubai, Uni Emirat Arab.

Keberadaan infrastruktur tersebut akan mewujudkan Nusantara yang tidak hanya dapat digunakan untuk hidup (livable), tetapi juga dapat dicintai (lovable). Oleh karenanya, OIKN terbuka dengan kontribusi dari siapapun yang ingin membangun seni dan budaya di IKN.

Pihaknya berharap Nusantara dapat menjadi kota kolaborasi orang-orang hebat (people), alam yang indah (nature), dan seni budaya yang kaya (culture). Ketiga komponen ini merupakan aspek fundamental yang membentuk kehidupan.

IKN Bakal Punya Tol Bawah Laut, Begini Progres Pembangunannya

Padukan Seni dan UMKM

OIKN juga merancang lokasi untuk pusat UMKM dan atraksi seni budaya di kawasan IKN. Hal ini dilakukan dalam upaya memfasilitasi pelaku usaha lokal dalam menjual makanan, sekaligus melestarikan seni budaya nusantara yang dimulai dari Kalimantan.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (3/8/2023), Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin mengatakan pusat UMKM dan atraksi budaya itu nantinya berlokasi di rest area dekat Titik Nol Nusantara.

Lokasi tersebut dipilih agar pengunjung Nusantara memiliki kenangan dan mendapatkan oleh-oleh. Atraksi seni dan budaya juga akan disajukan dimulai dari 10 kabupaten/kota di Kaltim pada lokasi yang sama.

Jenis atraksi seni dan budaya yang disajikan merupakan perwujudan nusantara karena IKN bukan hanya milik Kaltim maupun warga Kalimantan, tetapi seluruh Indonesia, bahkan dunia internasional juga akan berkunjung.

IKN Bakal Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia

Referensi:

  • Antara. OIKN Ajak Para Seniman Ciptakan Roh Seni dan Budaya di IKN. https://www.antaranews.com/berita/3664389/oikn-ajak-para-seniman-ciptakan-roh-seni-dan-budaya-di-ikn
  • Kompas.com. Otorita Rancang Pusat UMKM dan Atraksi Seni Budaya di IKN, Seperti Apa?. https://www.kompas.com/properti/read/2023/06/13/053000521/otorita-rancang-pusat-umkm-dan-atraksi-seni-budaya-di-ikn-seperti-apa-

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini