5 Akun Media Sosial Wajib Follow untuk Belajar Politik dengan Menyenangkan

5 Akun Media Sosial Wajib Follow untuk Belajar Politik dengan Menyenangkan
info gambar utama

Politik seringkali dihindari oleh generasi muda karena dianggap penuh intrik dan berbahaya. Padahal, sejatinya politik ada di sekitar kita. Politik bermain ketika harga-harga sembako naik dan seorang ibu harus menghemat uang belanja. Politik juga ada dalam momen membuat keputusan, misalnya ketika Kawan sedang memutuskan untuk kuliah di universitas tertentu.

Meski begitu, apatisme generasi muda Indonesia terhadap politik masih tergolong tinggi. Melansir Viva, hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 2021 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan generasi muda terhadap lembaga partai politik hanya berada di angka 32,67%.

Rendahnya tingkat kepercayaan tersebut menjadi suatu keprihatinan bersama. Sebab, anak muda harusnya punya andil yang besar dalam menentukan masa depan Indonesia melalui bidang politik. Untuk itu, ada baiknya Kawan mulai mempelajari politik untuk memperkaya pengetahuan dan juga berkontribusi terhadap kemajuan negeri. Berikut beberapa media sosial yang bisa Kawan follow untuk mendapatkan edukasi politik dengan cara yang menyenangkan.

1. Bijak Memilih

Platform Bijak Memilih yang bisa ditemukan di Instagram memiliki tujuan untuk mendorong proses pembuatan kebijakan yang lebih baik menjelang pemilu 2024 mendatang. Mengedepankan kredibilitas, Bijak Memilih menegaskan bahwa lembaganya tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Maka, Kawan bisa mendapatkan informasi yang akurat dan non-bias melalui platform yang juga tersedia dalam bentuk situs web ini.

Melalui situsnya, Kawan juga bisa mendapat berbagai informasi serta kuis mengenai beberapa isu strategis mengenai pemilu 2024. Beberapa di antaranya adalah isu krisis iklim, lapangan pekerjaan, serta hak minoritas.

2. Pinter Politik

Melalui laman Instagramnya, Pinter Politik rutin menyajikan konten visual mengenai hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan dalam dunia politik, baik luar maupun dalam negeri. Tak jarang, informasi yang disajikan juga meliputi bidang sejarah maupun sosial ekonomi.

Bila Kawan bosan dengan konten visual, Kawan pun bisa mengunjungi laman YouTube Pinter Politik atau mendengarkan podcast mereka yang biasanya membahas isu-isu politik dengan lebih rinci. Platform satu ini memang cocok bagi Kawan yang ingin memiliki wawasan yang luas tentang politik.

Baca juga: Istilah-Istilah Politik dalam Film Oppenheimer, Sudah Paham?

3. What Is Up Indonesia

What Is Up Indonesia (WIUI) pertama kali dibuat untuk memberikan edukasi politik bagi warga Indonesia yang kurang fasih berbahasa Indonesia, khususnya mereka yang mengenyam pendidikan di luar negeri atau sekolah internasional.

Meski begitu, konten-konten yang disajikan WIUI tetap bisa dinikmati siapa saja. Kawan yang tertarik untuk mengkritisi segala kebijakan publik maupun isu-isu politik terkini bisa langsung mengikuti akun Instagramnya. Menariknya, WIUI juga kerap membungkus berita politik dengan meme kekinian.

4. Politik Hari Ini

Ingin mengetahui berita-berita politik dalam negeri terkini? Akun Instagram Politik Hari Ini cocok menjadi rujukan. Turut tersedia di Twitter maupun TikTok, Politik Hari Ini rajin mengunggah konten seputar dunia politik Indonesia yang penuh warna.

Berita-beritanya dibalut dengan judul yang menarik, dengan beberapa baris berita yang tak menjemukan untuk dibaca. Kawan tentunya juga bisa melihat berbagai opini publik terkait isu yang tengah hangat melalui komentar para warganet di postingan mereka.

5. Generasi Melek Politik

Generasi Melek Politik berfokus untuk meningkatkan kesadaran anak muda terhadap isu politik Indonesia agar tingkat partisipasi mereka turut meningkat. Melalui akun Instagramnya, lembaga ini juga sering mengadvokasikan isu-isu kebijakan publik yang tengah menjadi urgensi di tengah masyarakat. Misalnya, isu lingkungan hidup hingga isu tentang energi.

Selain itu, Generasi Melek Politik juga menyediakan wadah bagi perwakilan anak muda untuk belajar lebih lanjut tentang politik melalui Academia Politica. Harapannya, anak muda bisa lebih memahami kebijakan publik dan kondisi politik yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Generasi Melek Politik Gencarkan Sosialisasi Politik untuk Anak Muda

Demikianlah beberapa media sosial maupun situs-situs yang bisa Kawan ikuti untuk mempelajari politik dengan cara yang menyenangkan. Kini, sudah tiada lagi alasan untuk malas belajar ataupun terlibat dalam dunia politik. Bila dikemas dengan menarik, rasanya menyenangkan juga, kok.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini