Ide Lomba 17 Agustus Lucu, Unik dan Kreatif, buat Anak sampai Orang Tua

Ide Lomba 17 Agustus Lucu, Unik dan Kreatif, buat Anak sampai Orang Tua
info gambar utama

Selamat datang bulan Agustus yang selalu identik dengan perayaan kemerdekaan. Sebagai bulan yang selalu dikenang karena memiliki nilai historis yang cukup mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Bulan Agustus selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan peringatan sampai hiburan, termasuk lomba.

Lomba agustusan ini ditujukan tidak hanya untuk memeriahkan, tapi juga mempererat persatuan dan kesatuan antar warga, tanpa memandang perbedaan sosial, budaya, atau agama.

Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat saling berinteraksi, berkompetisi dengan sehat, dan membangun solidaritas sebagai satu bangsa yang utuh.

Melalui berbagai lomba, masyarakat diingatkan tentang semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang untuk mencapai kemerdekaan. Lomba menjadi simbol perjuangan dan upaya untuk terus menghargai dan mengenang jasa-jasa para pejuang. Lomba juga dapat berfokus pada kesenian, kebudayaan, dan tradisi lokal, yang membantu melestarikan kearifan lokal dan keanekaragaman budaya Indonesia.

Tak hanya dinikmati oleh anak-anak, orang tua pun tidak luput ikut berpartisipasi menyambut kemeriahannya.

Lomba-lomba agustusan yang diadakan pun semakin tahun semakin unik dan sayang untuk dilewatkan. Kemeriahan ini yang banyak membuat orang akhirnya terdorong untuk mengikuti perlombaan.

Coba cek, apakah salah satu dari deretan ide lomba unik dan kreatif ini sudah pernah dilakukan di daerah Kawan?. Jika belum, tahun ini saatnya Kawan mencobanya!

Lomba memakai celana tanpa tangan tangan

Lomba agustusan yang pertama adalah lomba memakai celana tanpa tangan. Lomba ini baru-baru saja viral di TikTok dan menyedot banyak perhatian.

Dalam lomba ini, peserta akan diberikan sebuah celana panjang dan harus dapat memakainya tanpa menggunakan tangan. Jadi, tangan akan diikat ke belakang, sehingga tidak bisa menyentuh ujung atas bagian celana.

Para peserta harus memanfaatkan anggota tubuh bagian bawah mulai dari perut, pinggang hingga kaki untuk dapat memasukkan celana ke kaki mereka. Lomba ini memang agaknya cukup sulit, tapi sangat menarik karena masih jarang yang menggunakan variasi lomba ini.

Lomba menjaga lilin tetap menyala

Menjaga lilin di ruangan terbuka agaknya cukup menantang untuk dilakukan bukan? Yaps, itulah yang bikin lomba ini jadi sangat menarik dan unik untuk dilakukan.

Setiap peserta yang berpartisipasi akan diberikan 1 lilin menyala dan harus bisa menahan lilin tetap menyala sampai akhir.

Durasi lomba bervariasi, antara 1 - 3 menit, bergantung dari lawan. Apabila di antara waktu 1 - 3 menit hanya tinggal seorang yang menyala, maka dialah pemenangnya.

Tapi lomba 17 Agustusan ini hanya cocok ditujukan untuk remaja dan dewasa saja, karena menggunakan api sebagai properti perlombaan. Namun, itu tidak mengurangi esensi keunikan dari lomba ini untuk dicoba.

Lomba Lepaskan Karet dari Wajah

Yang satu ini pasti 100% bikin penonton bahkan yang ikutan lomba jadi tertawa terpingkal-pingkal. Bagaimana tidak, setiap peserta yang ikut dalam perlombaan diharuskan untuk untuk menurunkan karet dari wajah mereka sampai ke leher.

Nah untuk bisa melakukannya, maka dibutuhkan gerakan wajah yang luar biasa. Gerakan wajah inilah yang menghasilkan ekspresi lucu dari masing-masing peserta.

Dengan usaha luar biasa yang dilakukan tentu tingkat keunikan ekspresi dari masing-masing peserta bisa bikin penonton tertawa ngakak. Bisa Kawan coba untuk lomba Agustusan besok!

Lomba melepas karet di wajah | Foto: mediacenter.palangkaraya.go.id
info gambar

Lomba Makan Kerupuk Sambil Di Tarik

Kalau cuma makan kerupuk sambil mata ditutup itu sudah biasa. Tapi kalau lomba makan kerupuk dengan posisi badan yang diikat jadi 1? cukup menantang bukan?.

Dalam lomba ini, peserta yang berpartisipasi harus terlebih dahulu dikelompokan agar memiliki ukuran tubuh yang sama. Setelah itu, mereka akan diikat dan dihubungkan 1 sama lain dengan menggunakan sarung.

Lalu kerupuk akan ditempatkan di meja yang ada di depan tubuh mereka. Nah, tantangannya adalah bagaimana masing-masing dari mereka harus bisa makan kerupuk itu.

Adegan tarik-menarik antar peserta pasti akan jadi momen lucu dan mengenang. Karena selain makan mereka juga harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjungkal karena ditarik oleh teman yang lainnya.

Gimana? mau coba langsung di lomba kali ini?

Lomba Makan Biskuit di Dahi

Makan kerupuk jadi perlombaan yang sudah terlalu sering dilakukan. Nah kali ini, agak lebih enak sedikit, yaitu lomba makan biskuit. Tapi tidak semudah itu juga.

Lomba makan biskuit kali ini tidak boleh menggunakan anggota tubuh dari leher ke bawah. Hanya boleh menggunakan lidah dan gerakan di bagian kepala. Wah cukup menantang kan?

Para peserta lomba akan diberi masing-masing 1 buah biskuit yang diletakkan di dahi. Bagaimana caranya, masing-masing dari mereka harus bisa memakan biskuit itu.

Ekspresi yang dilakukan masing-masing peserta agar oreo ini bisa sampai ke mulut mereka pasti penuh dengan kelucuan. Apalagi jika lomba ini dilakukan oleh bapak-bapak. Bisa dibayangkan, beliau yang setiap harinya garang menjadi lucu lewat perlombaan ini.

Nah lomba ini cocok dilakukan oleh segala usia. Jadi bagi anak-anak sampai orang dewasa masih bisa melakukannya.

Lomba makan biskuit di dahi | Foto: Kumparan.com
info gambar

Lomba Melepaskan Sticky Notes di Wajah

Perlombaan apapun yang melarang digunakannya tangan dan kaki selalu bisa menghadirkan sebuah kelucuan. Itu juga yang terjadi apabila kamu mengadakan lomba melepas sticky notes di wajah.

Tidak hanya 1 melainkan panitia terkadang menempelkan sampai 10 sticky notes. Bisa dibayangkan betapa kocak dan lucunya ekspresi masing-masing peserta saat mencoba melepaskan sticky notes itu dari wajah mereka.

Lakukan lomba ini di ruangan terbuka agar semakin menambah tantangan peserta. Karena jika di lokasi tertutup maka akan sedikit udara yang masuk dan nafas bisa menjadi tersengal-sengal.

Lomba Memasukan Benang dalam Jarum Sambil Berjalan

Membayangkan ketika memasukan benang dalam jarum saja sudah cukup sulit ya, apalagi ditambah harus lebih cepat daripada lainnya dan dilakukan sambil berjalan. Aduh makin menantang nggak sih?

Lomba agustusan yang satu ini bisa jadi salah satu alternatif lomba unik yang dilakukan bagi remaja hingga orang dewasa.

Di ruangan terbuka peserta lomba harus bisa memasukkan benang dalam jarum kecil. Sorakan para suporter tentu tidak hanya akan menambah kemeriahan pelaksanaan lomba ini, tapi juga turut mengganggu konsentrasi peserta. Hasilnya, pasti akan menyenangkan karena ekspresi memasukan dalam jarum pun pasti kocak abis.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi perlombaan unik dan lucu yang bisa dilakukan di peringatan 17 Agustus tahun ini. Perlu diingat, bahwa lomba bukan untuk ajang untuk menjatuhkan. Jadi bertindaklah suportif sebagai panitia maupun peserta lomba.

Selain itu, usunglah nilai persatuan dan kesatuan bangsa, agar semangat kepahlawanan terus membara tidak hanya di masa kemerdekaan, namun juga untuk Indonesia di masa mendatang.

Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

  • Sumber:
    https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220812105449-246-833764/11-ide-lomba-17-agustus-2022-dijamin-seru-dan-lucu
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/509714/50-lomba-17-agustusan-yang-unik-seru-dan-lucu
  • https://www.youtube.com/watch?v=CJ_1YlM9Hcw
  • https://blog.evermos.com/perlombaan-17-agustus-yang-unik-dan-lucu/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini