Polri Hapus Ujian SIM Angka 8 dan Zig-zag, Ganti dengan Huruf S

Polri Hapus Ujian SIM Angka 8 dan Zig-zag, Ganti dengan Huruf S
info gambar utama

Korlantas Polri resmi menghapus metode ujian praktik dengan model lintasan zig-zag dan angka delapan dalam proses penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM). Direktur Lalu Lintas Kombes Polisi Latif Usman menjelaskan, manuver slalom atau zig-zag serta angka delapan diganti dengan sirkuit yang membentuk huruf S. Penerapan metode baru tersebut dimulai hari ini, Jumat (4/8/2023).

Latif menambahkan, pengubahan lintasan ujian praktik dalam penerbitan SIM merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang meminta perbaikan dan penyesuaia layanan pembuatan SIM dengan kebutuhan berlalu lintas dan keselamatan di jalan raya.

“Yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak? Yang namanya zig-zag itu masih sesuai atau tidak? Saya kira kalau sudah tidak releven tolong diperbaiki,” kata Sigit, Rabu (21/6/2023).

Tilang Manual Berlaku Lagi, Hindari 12 Pelanggaran ini Agar Tak Disetop

Setelah itu, tahap pengkajian materi ujian pun dilakukan, hingga akhirnya Korlantas Polri mengeluarkan petunjuk mekanisme ujian SIM terbaru.

“Polri dan juga jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya akan mulai menyosialisasikannya ke masyarakat. Ada petunjuk dari Korlantas sudah mengeluarkan ketentuan ini,” ungkap Latif, Jumat (4/8/2023).

Menurut Latif, perubahan lintasan menjadi sirkuit berbentuk S tidak akan mengurangi esensi keahlian berkendara dan tetap mengakomodasi empat materi ujian. Ukuran lintasan juga diperlebar menjadi 2,5 kali lebar kendaraan dari yang sebelumnya 1,5 kali lebar kendaraan .

"Intinya ada beberapa yang dianggap sulit, tetapi tidak mengurangi keselamatan dan keahliannya, " ucapnya.

Bikin SIM Kini Wajib Punya Sertifikat Kelas Mengemudi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini