5 Pulau Indah yang Bisa Kamu Kunjungi di Banda Neira

5 Pulau Indah yang Bisa Kamu Kunjungi di Banda Neira
info gambar utama

Siapa di antara Kawan yang bercita-cita untuk mengunjungi pulau Banda Neira? Banda Neira menjadi surganya pulau-pulau indah di Indonesia yang menggoda para wisatawan dengan pesona alamnya yang menawan.

Terletak di kepulauan Banda, Maluku, Banda Neira menawarkan bentang alam yang memukau, perairan yang jernih, serta kehidupan bawah yang kaya akan keanekaragaman hayati. Banyak pulau yang bisa Kawan kunjungi ketika Kawan pergi kesana, penasaran ada pulau apa saja disana? Yuk, lihat daftar berikut!

Baca juga: Fakta Menarik Pulau Banda Neira, Surga di Timur Indonesia

Pulau Run

Pulau Run, pulau yang pernah ditukar dengan Manhattan | Sumber foto: islander.io
info gambar

Kawan, tau gak sih? Ternyata Pulau Run pernah terkenal karena perjanjian pertukaran yang dilakukan antara Inggris dan Belanda pada abad ke-17, di mana Inggris menyerahkan Pulau Manhattan di Amerika Serikat kepada Belanda sebagai ganti Pulau Run.

Meskipun luas pulau ini kecil, namun Pulau Run menyuguhkan keindahan yang tidak akan terlupakan. Kawan tidak bisa menyelam? Tenang, saking jernihnya air disini, ikan berwarna-warni di dasar laut yang ada di pulau tersebut bisa terlihat dengan jelas.

Pulau Nailaka

Pesona Pulau Nailaka | Sumber foto: joglowisata.com
info gambar

Ingin mengasingkan diri ke pulau yang indah? Mungkin Pulau Nailaka menjadi jawaban. Pulau ini cocok bagi Kawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang tidak terjamah oleh banyak wisatawan.

Menikmati momen yang damai sambil berjalan-jalan diatas pasir putih atau hanya menikmati deburan ombak yang tenang. Pulau Nailaka menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan pemandangan biru laut yang memukau.

Pulau Hatta atau Pulau Rozengain

Menikmati keindahan Pulau Hatta | Sumber foto: pinterest
info gambar
Baca juga:Kisah Sekolah Hatta yang Jadi Pelita bagi Anak-anak Banda Neira

Pulau Hatta menjadi salah satu pulau kecil dengan berbagai keindahan di dalamnya. Pulau yang pernah dijadikan tempat Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir diasingkan ini memiliki keindahan pasir putih dan laut yang biru mampu membuat siapa pun kagum dengan keindahan pulau ini.

Selain menikmati keindahannya, sisi lain yang dapat Kawan nikmati adalah budayanya. Ada salah satu tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat pulau, yaitu ada Sasi. Tradisi ini merupakan tradisi larangan untuk mengambil sumber daya alam dalam jangka waktu tertentu. Kawan, bisa belajar bagaimana menjaga keberlangsungan ekosistem bawah laut agar tidak punah lewat tradisi Sasi.

Pulau Pisang atau Pulau Syahrir

Pulau Pisang di Banda Neira | Sumber foto: Blogspot.com
info gambar

Selain memiliki Pulau Hatta, Banda Neira juga mempunyai Pulau Pisang yang sering dikunjungi oleh Perdana Menteri pertama Indonesia, yaitu Sutan Syahrir. Karena itulah, pulau ini pun disebut juga sebagai Pulau Syahrir.

Pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang memanjakan mata, bahkan keindahannya bak surga yang tersembunyi di Indonesia Timur. Tempat ini menjadi salah satu pulau terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling. Tidak hanya itu, Kawan juga bisa menjelajahi pulau ini seharian penuh tanpa dipungut biaya apapun.

Pulau Ay

Indahnya Pasir Putih di Pulau Ay | Sumber foto: Youtube
info gambar

Selanjutnya ada Pulau Ay. Pemandangan yang ditawarkan oleh pulau ini tidak kalah dari pulau lainnya di Banda Neira, dengan panorama bawah lautnya yang menawan menjadikan pulau ini cocok untuk melakukan snorkeling ataupun diving.

Tidak hanya kaya dengan keindahan bawah lautnya saja, Pulau Ai juga menjadi destinasi wisata sejarah. Banyak tempat-tempat peninggalan Belanda yang bisa Kawan kunjungi di pulau ini. Di antaranya seperti mengunjungi Gereja Tua Betlehem, Gerbang Matalenco, Benteng Revengie, Masjid Nur Ay, Rumah Adat Olisiwa, atau melihat Perkebunan (Perk) Welvaren.

Baca juga: Mempertahankan Keindahan Surga Hayati Dunia di Banda Neira

Banda Neira menjadi destinasi wisata yang memukau dengan segala keindahan alam dan sejarahnya yang kaya. Jika Kawan mencari pengalaman liburan yang unik dan berbeda dari yang lain, pulau-pulau indah di Banda Neira menjadi pilihan yang sempurna untuk Kawan.

Sumber referensi:

  • https://travel.kompas.com/read/2022/11/04/163200927/liburan-ke-banda-jelajahi-3-tempat-wisata-sejarah-di-pulau-ay?page=all
  • https://www.idntimes.com/travel/destination/sanggar-sukma/pulau-hatta-di-banda-neira-maluku-c1c2?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini