Renovasi 4 Stadion Piala Dunia U-17, PUPR Kucurkan Rp100 Miliar

Renovasi 4 Stadion Piala Dunia U-17, PUPR Kucurkan Rp100 Miliar
info gambar utama

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi memilih empat stadion di Indonesia untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Gelanggang itu terdiri dari Jakarta International Stadium, Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

Tinggal 93 hari menuju pertandingan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengebut renovasi keempat stadion itu. Total anggaran yang dikeluarkan berkisar Rp100 miliar.

"Kan, hanya renovasi. Kira-kira enggak lebih dari Rp100 miliar," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023)..

Menurutnya, pekerjaan tersebut tidak begitu banyak, hanya perbaikan rumput, ruang pemain, dan lampu.

"Alhamdulillah tiga ini, Jalak Harupat oke, semua oke, Manahan oke, Sutomo oke, lapangannya oke, kecuali lapangan parkirnya diaspal lagi," ucapnya.

Sementara itu, kata Basuki, JIS akan banyak yang direnovasi, mulai dari penjahitan rumput hingga perbaikan akses keluar-masuk area stadion.

Stadion Manahan, Bekas Tempat Pacuan Kuda yang Jadi Panggung Final Piala Dunia U-17 2023

Dia menerangkan, pengerjaan area dalam JIS akan digarap oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Perseroda) alias Jakpro. Lalu, Kementerian PUPR fokus pada pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

"Pembagian tugasnya akan dikerjakan Pemprov DKI atau Jakpro mulai dari rumput stitching dan akses di dalamnya oleh DKI. Kami membangun JPO menuju parkiran di Ancol, panjang 430 meter dan lebar 5 meter," tutur Basuki.

Di samping itu, Dinas Perhubungan dan PT Citra Marga Nusaphala Persada bertugas membuat off ramp belakang JIS sebagai akses jalan di sekitar Danau Cincin.

“Sehingga dari ramp tol menyusur Danau Cincin untuk bisa ke JIS," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PSSI Erick Thohir menyebut, pembukaan Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di Jakarta, bersama pertandingan dua grup. Lalu, dua grup lainnya akan berlaga di Bandung, satu grup di Surabaya, dan satu grup di Solo termasuk laga semifinal dan final.

Erick mengatakan, perwakilan FIFA akan datang kembali ke Indonesia untuk mengecek keempat stadion tadi pada 26 Agustus. Dia berharap, pada hari itu, Indonesia telah mencapai progres yang cukup jauh.

"Insyaallah U-17 di Indonesia bisa terjamin," tutupnya.

Ada Misi Khusus dari Jokowi untuk Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023, Apa Itu?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini