Deretan Prestasi Arif Dwi Pangestu, Pemanah 19 Tahun yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Deretan Prestasi Arif Dwi Pangestu, Pemanah 19 Tahun yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024
info gambar utama

Nama Arif Dwi Pangestu jadi sorotan dalam Kejuaraan Dunia Panahan 2023 yang diselenggarakan di Berlin, Jerman pada 31 Juli hingga 6 Agustus 2023. Arif yang tampil mewakili Indonesia di ajang tersebut menorehkan setidaknya dua capaian cemerlang.

Pertama, Arif yang turun di nomor perseorangan recurve putra mampu menumbangkan juara bertahan. Di babak perdelapan final, Arif menghadapi Kim Woojin dari Korea Selatan dan berhasil menang.

Kedua, ia juga merebut satu tiket untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 karena ia mampu mencapai babak semifinal. Ini semakin istimewa karena Arif masih berusia sangat muda, 19 tahun.

“Saya sangat bahagia ketika tahu dapat satu kuota tiket Olimpiade Paris 2024. Saya persembahkan khusus buat Indonesia. Semoga tiket ini menjadi pembuka jalan untuk teman-teman pelatnas lainnya di turnamen yang akan datang." ujar Arif seperti dilansir laman resmi Perpani.

Ternyata, Arif sudah aktif di kancah panahan internasional mewakili Indonesia sejak bertahun-tahun lalu. Sejak itu pula, beragam prestasi telah ditorehkannya.

Indonesia Kalahkan Korsel di Kejuaraan Dunia Panahan 2023, Mengapa Itu Begitu Spesial?

Deretan Prestasi Arif Dwi Pangestu

Prestasi paling awal Arif di kancah internasional yang tercatat adalah medali dari SEA Games 2019. Saat itu, Arif menyumbangkan medali emas dari nomor recurve beregu putra bersama Riau Ega Agatha dan Hendra Purnama setelah mengalahkan Malaysia.

Kemudian pada 2021, Arief berpartisipasi dalam ajang Islamic Solidarity Games 2021. Bertanding di Konya, Turki, Arif menyumbangkan medali dari nomor recurve perseorangan dan beregu putra.

Dari nomor perseorangan, atlet kelahiran Bantul itu mendapat medali perak. Sementara itu, medali emas dan perunggu diraih Samet Ak dan Mete Gazoz dari Turki.

Di nomor beregu, Arif juga mendapat medali perak bersama dua rekan setimnya, Alviyanto Prastyadi dan Riau Ega Agatha. Lawan yang mengalahkannya di final juga adalah Turki yang diisi Samet Ak, Mete Gazoz plus Muhammad Yildirmis.

Arif kembali unjuk gigi di SEA Games 2021. Kali ini, ia mempersembahkan dua medali emas dari nomor perseorangan dan beregu putra. Di nomor perseorangan, Arif mengalahkan Riau Ega. Sedangkan di nomor beregu, Arif justru main satu tim dengan Riau Ega dan Alviyanto Prastyadi mengalahkan Vietnam.

Selain SEA Games, ada pula ajang tingkat Asia Tenggara lain yang pernah diikuti Arif hingga berbuah medali. Ajang itu adalah ASEAN University Games di mana Arif menyumbang 2 medali perunggu pada 2022.

Berkat Wushu, Indonesia Bawa Medali dari The FISU World University Games 2021

Referensi:

  • https://www.indonesiaarchery.org/2023/08/06/arif-pangestu-segel-satu-tiket-olimpiade-paris-2024-gazoz-klaim-juara-dunia/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini