Gita Bahana Nusantara Kembali Ramaikan HUT RI di Istana Negara, Bagaimana Persiapannya?

Gita Bahana Nusantara Kembali Ramaikan HUT RI di Istana Negara, Bagaimana Persiapannya?
info gambar utama

Gita Bahana Nusantara (GBN) kembali hadir dalam perayaan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023 nanti. Tim paduan suara dan grup musik orkestra ini akan menyuguhkan panggung musikal dengan lagu-lagu nasional dan daerah.

Dilansir dari Sindonews, Jumat (11/8), Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti mengatakan, Tim GBN 2023 tengah menjalani pemusatan pelatihan sejak 3–19 Agustus di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat.

“Latihan berlangsung secara berkelompok untuk anggota bersuara sopran, alto, tenor, dan bas. Latihan berkelompok juga dilakukan anggota orkestra di bagian combo etnis, tiup, dan string. Kelompok-kelompok tersebut kemudian bertemu dalam latihan gabungan,” ungkapnya.

Seleksi penuh perjuangan

Seperti halnya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), GBN juga terdiri dari pelajar SMA se-Indonesia yang diseleksi ketat. Ribuan pelajar berusia 16–23 yang berasal dari seluruh provinsi diperkirakan mengikuti audisi ini.

Proses seleksi dimulai dengan audisi online dari tingkat provinsi melalui Dinas Pendidikan. Peserta yang lolos kemudian masuk ke seleksi tahap dua untuk penjurian tatap muka di Yogyakarta dan Jakarta. Seleksi berakhir dengan terpilihnya 199 peserta yang terbagi atas 68 orang tim orkestra dan 131 orang tim paduan suara.

Salah seorang peserta dari Yogyakarta Dayan Darmawulan kepada Medcom.id, Rabu (11/8), membeberkan bagaimana ketatnya proses seleksi untuk bisa masuk Tim GBN 2023. Pemain alat musik violin itu mengaku banyak syarat dan kemampuan yang harus dikuasai, seperti tes not angka dan not balok.

Setelah Sekian Lama, Belanda Akhirnya Mengakui Kemerdekaan Indonesia Secara Penuh

Tampilkan kisah ibu kota negara

Gita Bahana Nusantara 2023 akan membawakan medley lagu dari lima daerah yang merepresentasikan perpindahan ibu kota negara selama 78 tahun terakhir. Kelima lagu ini adalah “Kicir-kicir”, “Suwe Ora Jamu”, “Kampuang Nan Jauh di Mato”, “Ondel-ondel”, dan “Indung-indung”.

Lagu-lagu tersebut masing-masing berasal dari DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. Seperti yang dilansir dari Kompas.id, Rabu (11/8), salah satu narasumber GBN 2023 Purwacaraka mengungkapkan kelima lagu itu akan digubah menjadi medley berdurasi sekitar enam menit.

Jakarta menjadi ibu kota negara saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 1945. Lalu pada 1946, ibu kota negara dipindahkan ke Yogyakarta. Saat terjadi Agresi Militer Belanda II pada 1946, ibu kota negara kembali dipindahkan ke Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kemudian saat Indonesia mulai kondusif dan berdaulat, ibu kota negara dikembalikan ke Jakarta. Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, ibu kota negara pun dalam proses pemindahan ke Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Lomba Lari RFID Sambut Kemerdekaan Kembali Hadir dengan Usung Semangat Persatuan

Referensi:

  • Kompas.id. Gita Bahana Nusantara 2023 Tampilkan Kisah Ibu Kota Negara. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/08/10/gita-bahana-nusantara-2023-tampilkan-kisah-ibu-kota-negara
  • Medcom.id. Tak Kalah dari Paskibraka, Seleksi Tim Gita Bahana Nusantara 2023 Penuh Perjuangan. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/nbw09O6k-tak-kalah-dari-paskibraka-seleksi-tim-gita-bahana-nusantara-2023-penuh-perjuangan
  • Sindonews. Mengenal Gita Bahana Nusantara, Paduan Suara yang Selalu Meriahkan HUT RI di Istana Merdeka. https://edukasi.sindonews.com/read/1171477/212/mengenal-gita-bahana-nusantara-paduan-suara-yang-selalu-meriahkan-hut-ri-di-istana-merdeka-1691546882

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini