Masjid Ini Akan Punya Menara Tinggi Menjulang, Nyaris Samai Masjid di Ponpes Al Zaytun

Masjid Ini Akan Punya Menara Tinggi Menjulang, Nyaris Samai Masjid di Ponpes Al Zaytun
info gambar utama

Masjid Agung di Medan, Sumatera Utara akan semakin megah. Aura kemegahannya bakal terpancar dari menaranya yang tinggi menjulang.

Masjid Agung memang akan bersolek dengan dibangunnya menara. Pembangunan menara masjid telah menemui lampu hijau setelah Pemerintah Kota Medan mengeluarkan Izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Maklum saja, izin PBG ini dibutuhkan berhubung menara Masjid Agung tingginya diproyeksikan mencapai 199 meter. Sementara itu, awalnya batas ketinggian bangunan di Medan adalah 50 meter.

Adanya pembatasan izin ini terkait dengan status Lanud Soewondo sebagai Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP). Masjid Agung memang terletak tidak jauh dari Lanud Soewondo, tepatnya di Jalan Diponegoro, samping Kantor Gubernur Sumatera Utara. Kini, status KKOP tersebut sudah dicabut sehingga bangunan di Medan sudah boleh dibangun dengan tinggi lebih dari 50 meter.

"Kami baru saja mengeluarkan izin PBG untuk bangunan tertinggi di Kota Medan dan Sumatera Utara yaitu izin PBG Menara Masjid Agung yang pengajuannya 199 meter. Selama ini izin tidak bisa kami keluarkan karena terkendala dengan izin ketinggian yang diatur oleh TNI Angkatan Udara," ujar Wali Kota Medan Bobby Nasution, seperti diwartakan laman resmi Pemko Medan.

Diperbolehkannya pembangunan bangunan tinggi adalah hal yang penting bagi Medan. Sebab, bukan hanya masjid, banyak pula bangunan tinggi lain yang ingin dibangun oleh para investor.

"Kalau ada investor yang ingin membangun bangunan tinggi di Kota Medan yang selama ini terkendala hari ini sudah boleh. Saya dengar banyak yang mau membangun bangunan tinggi," lanjut Bobby.

Untuk diketahui, Masjid Agung sendiri sudah mulai dibangun sejak 2016 lalu. Saat itu, seremoni peletakan batu pertamanya dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Masjid dengan menara tinggi menjulang sebetulnya bukan hal baru di Indonesia. Misalnya saja, Masjid Rahmatan Lil Alamin di Pondok Pesantren Al Zaytun punya menara setinggi 201 meter, atau Masjid Istiqlal di Jakarta dengan struktur menara setinggi 66,66 meter, plus tinggi menaranya sendiri setinggi 30 meter sehingga total tingginya adalah 96,66 meter.

Artinya, dengan tinggi 199 meter, menara Masjid Agung akan menjadi salah satu menara masjid tertinggi di dunia. Beberapa sumber juga menyebut bahwa menara Masjid Rahmatan Lil Alamin masuk ke dalam daftar menara masjid tertinggi di dunia. Nantinya, bukan tak mungkin menara Masjid Agung di Medan turut masuk daftar tersebut.

Menyusuri Masjid-Masjid Tua yang Bertahan di Jakarta

Referensi:

  • https://portal.pemkomedan.go.id/berita/bobby-nasution-pemko-medan-telah-keluarkan-izin-pbg-menara-masjid-agung__read3477.html

  • https://m.antaranews.com/berita/3663636/menara-masjid-agung-bakal-jadi-bangunan-tertinggi-pertama-di-medan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini