Terbuka untuk Umum, Masyarakat Bisa Nonton Perayaan HUT Ke-78 RI di Monas

Terbuka untuk Umum, Masyarakat Bisa Nonton Perayaan HUT Ke-78 RI di Monas
info gambar utama

Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang bisa disaksikan publik mulai dari kawasan Monas, Jakarta Pusat.

“Jadi masyarakat boleh hadir di Monas dari mulai pukul 08.10. Sementara di Istana, acara akan dimulai pukul 07.25, yaitu mulai kesenian-kesenian,” ungkapnya, seperti yang dilansir dari Kompas.com, Minggu (13/8).

Gelaran kesenian tersebut tidak hanya akan berlangsung di Istana. Masyarakat juga dapat menikmati musik, bernyanyi, serta berdendang bersama lewat pergelaran kesenian yang juga digelar di kawasan Monas.

Dicabutnya status pandemi diprediksi akan meningkatkan animo masyarakat untuk menghadiri gelaran HUT ke-78 RI. Oleh karenanya, Istana dikatakan sudah menyediakan beberapa kanal yang bisa diakses masyarakat yang ingin hadir secara daring.

Logo resmi HUT ke-78 RI

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Sekretariat Presiden sebelumnya juga telah memperkenalkan logo resmi peringatan HUT ke-78 RI pada Senin (12/6/2023). Logo berupa angka 78 ini disertai dengan tema besar peringatan HUT RI tahun ini, yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa logo tersebut merupakan logo yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Penggunaan logo HUT ke-78 RI ini dianjurkan untuk merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada situs resmi www.setneg.go.id.

Adapun makna dari masing-masing komponen logo HUT ke-78 RI adalah sebagai berikut.

  1. Garis padat horizontal, menggambarkan olahraga estafet yang menunjukkan sinergi satu irama, satu asa, dan satu bangsa.
  2. Angka 7 berbentuk panah ke atas, menggambarkan gerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.
  3. Lima garis lengkung, menggambarkan Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.
  4. Perpaduan elemen garis padat dan garis-garis, menggambarkan tanggung jawab bersama.
  5. Perpaduan elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus, menggambarkan keberlanjutan progres pembangunan yang tidak pernah berhenti.
  6. Angka 8 yang berbentuk bulat, menggambarkan pola pikir global (globalisasi) oleh SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.
Mimpi Terwujud! RI Bersiap Masuk Klub Negara-negara Maju di Dunia

Tema HUT ke-78 RI

Kemensetneg RI menjelaskan, tema HUT ke-78 RI menggambarkan pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Melalui tema ini, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi Bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.

Pada momen ini, Indonesia disebut telah menunjukkan aksi nyata yang progresif sehingga harapannya jangan sampai berhenti melanjutkan pembangunan dengan semangat ‘estafet’. Maka dari itu, Dirgahayu RI ke-78 mengajak seluruh elemen bangsa menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, dan berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari setiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum itu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Gita Bahana Nusantara Kembali Ramaikan HUT RI di Istana Negara, Bagaimana Persiapannya?

Referensi:

Kompas.com. Istana Ungkap Rangkaian Acara HUT Ke-78 RI, Masyarakat Bisa Menonton di Monas. https://nasional.kompas.com/read/2023/08/13/13280491/istana-ungkap-rangkaian-acara-hut-ke-78-ri-masyarakat-bisa-menonton-di-monas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini