Wisata Pantai Terbaik di Belitung yang Cocok Jadi Pilihan Saat Liburan

Wisata Pantai Terbaik di Belitung yang Cocok Jadi Pilihan Saat Liburan
info gambar utama

Belitung sering kali menjadi destinasi berlibur akhir pekan atau musim libur. Keindahan Pulau Belitung terutama terdapat pada pantainya yang menjadi salah satu alasan mengapa ia menjadi salah satu tepat favorit berlibur.

Terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi, Belitung memiliki destinasi wisata pantai yang wajib banget Kawan GNFI kunjungi ketika berlibur. Berikut terdapat rekomendasi 4 pantai tercantik yang ada di Belitung:

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung | Sumber : Travelin Belitung
info gambar

Memiliki pantai dengan pasir putih bersih, menjadikan Pulau Lengkuas masuk ke daftar destinasi wisata pantai wajib dikunjungi dan populer di Belitung. Di pulau ini terdapat mercusuar bersejarah yang dibangun Belanda pada tahun 1882 dengan tinggi hingga 65 meter. Mercusuar itu menjadi ikon bersejarah di Pulau Lengkuas ini. Kawan GNFI juga bisa melakukan aktivitas snorkeling atau diving di sekitar Pulau Lengkuas yang memiliki keindahan alam bawah laut dengan banyaknya terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.

Baca juga: Tradisi Sedekah Laut di Pantai Genjik, Kertojayan

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung terkenal sebagai lokasi syuting film "Laskar Pelangi". Pantai yang sangat indah ini memiliki banyak bongkahan batu granit besar yang membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin berkunjung. Selain terkenal dengan film adaptasi novel karya Andrea Hirata itu, film "Sang Pemimpi" juga menggunakan pantai ini sebagai salah satu lokasi syuting. Selain keindahan pantainya, pesona Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya terletak pada bongkahan batu granit yang tak berujung. Batu-batu granit besar di dekat pantai cukup unik. Batu karang ini berada tepat di sisi timur pantai. Batu tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang terbesar hingga yang relatif kecil. Bagi Kawan yang hobi fotografi, susunan batu granit dapat dijadikan objek foto atau pemotretan model dengan background pantai dan sunset.

Pulau Tanjung Tinggi | Foto: https://travelinbelitung.com/
info gambar

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM UGM Peduli Lingkungan melalui Bersih Pantai

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi di Pulau Belitung. Selain pasirnya yang putih dan garis pantainya yang panjang, pantai ini juga merupakan pantai dimana Kawan GNFI bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Pantai ini diberi nama “tanjung kelayang” karena di sekitar pantai banyak terdapat burung kelayang. Di pagi hari, Anda bisa menyaksikan burung kelayang menghiasi langit di tepi pantai, membuat matahari terbit semakin indah. Ada juga beberapa pulau yang indah untuk dikunjungi di sekitar pantai ini, seperti Pulau Babi dan Pulau Lengkuas. Bagi yang ingin berkeliling pulau, Kawan GNFI bisa menyewa perahu nelayan dari Pantai Tanjung Kelayang dengan harga sekitar Rp 500.000 dari pagi hingga sore.

4. Pantai Tanjung Pendam

Mungkin inilah pantai paling dekat dengan pusat kota Belitung. Letaknya yang dekat dengan kota membuat pantai ini menjadi destinasi yang dikunjungi oleh warga Belitung yang ingin bersantai di pantai dan menyaksikan sunset. Pantai Tanjung Pendam memang menjadi kebanggaan warga yang tinggal di jantung kampung "Laskar Pelangi" ini.

Selain suasana pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar, Kawan GNFI juga bisa menikmati suasana taman hiburan di sekitar pantai, duduk bersantai di pantai yang sering digunakan untuk acara kesenian unik di Pulau Belitung ini.

Senja adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam Pantai Tanjung Pendam. duduk di pinggir pantai, Kawan GNFI bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Menyaksikan momen matahari mulai terbenam adalah pengalaman yang mungkin tidak akan Anda lupakan selama berada di sini.

Untuk Kawan GNFI yang ingin liburan ke Belitung, artikel ini bisa menjadi referensi tujuan wisata pantai yang populer di Belitung. Kawan GNFI bisa memesan paket wisata atau menyewa mobil untuk sampai ke pantai tujuan.

Referensi:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini