Bermain Air di Wisata Sumber Maron Malang, Serunya Menikmati Air Terjun hingga Arung Jeram

Bermain Air di Wisata Sumber Maron Malang, Serunya Menikmati Air Terjun hingga Arung Jeram
info gambar utama

Dalam mencari pelarian dari hingar-bingar perkotaan dan menikmati kedamaian alam, Wisata Sumber Maron di Malang muncul sebagai destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Keindahan alam dan daya tarik wisata air terjun di tempat ini menghadirkan pesona yang memikat, sekaligus memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan alam.

Tak cuma itu, pastinya ada berbagai aktivitas menyenangkan yang Kawan GNFI bisa lakukan tempat ini. Oleh karena itu, mari kita ketahui lebih jauh!

Mengenal Ikonnya Nasi Pecel di Kota Malang: Pecel Kawi

Mengenal wisata sumber maron

Sebenarnya, sebelumnya Sumber Maron hanyalah sebuah sumber mata air biasa yang kerap dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari dan pengairan.

Tetapi, muncul ide untuk menjadikan daerah mata air ini sebagai tempat wisata. Tepatnya, pada tahun 2022 kawasan wisata ini kian viral dan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik minat banyak orang, bahkan tidak hanya warga Malang dan sekitarnya saja, tetapi orang-orang dari luar daerah.

Daya tarik utama yang ada di sumber mata air ini tentunya adalah air terjunnya. Memang, air terjun ini bukanlah yang teramat indah dengan tinggi yang menjulang layaknya Coban Rondo atau Coban Talun yang juga ada di Malang.

Tetapi, berbagai aktivitas yang menyenangkan bisa Kawan GNFI lakukan di sini. Nanti kita akan bahas lebih lanjut soal daya tariknya.

Untuk air terjunnya sendiri memiliki tinggi kurang lebih 6 meter. Alirannya sendiri terlihat bercabang-cabang melewati bebatuan besar dengan aliran yang paling besar membelah di tengahnya.

Selain itu, karena kawasan Sumber Maron juga berada di kawasan pegunungan, tentu suhu di sini juga sejuk. Semilir angin yang ditambah dengan pemandangan alam menghijau di sekitar kawasan air terjun semakin menambah nilai dari tempat ini agar cocok sebagai tempat healing Kawan GNFI.

Pasar Comboran Malang, Tempat Asik Berburu Barang Antik dari Zaman Kolonial

Aktivitas yang bisa dilakukan

Lalu, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan?

Tentu, selain dengan menikmati pemandangan air terjun yang menenangkan, ada berbagai aktivitas lain yang bisa Kawan GNFI lakukan di tempat ini, antara lain:

Berenang dan menikmati aliran terjun

Air terjun Sumber Maron ini tidak terlalu tinggi. Selain itu, aliran airnya juga masih tergolong aman. Sehingga kamu bisa berenang di bawahnya atau di bebatuan air terjunnya.

River Tubing

Karena airnya dangkal, Sumber Maron ini juga cocok untuk kegiatan river tubing. Apalagi arus airnya juga mendukung dan jernih. Kalau kamu tertarik, di sini juga terdapat penyewaan ban karet. Panjang tracknya sendiri sekitar 500 meter.

Terkait keamanan, tentunya kamu bisa menikmati keseruannya dengan pendamping dan pelindung untuk batas aman jalur tubing.

Aktivitas lainnya

Selain dua hal tersebut, kamu juga bisa melakukan snorkling atau menyelam di tengah air yang jernih. Ada juga terapi ikan kalau kamu mau melakukan relaksasi diri. Lalu, kamu juga bisa melakukan outbound dan wisata edukasi teknologi mempelajari Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro.

Selepas lelah bermain, kamu juga bisa menikmati hidangan yang dijual oleh warung-warung di kawasan Sumber Maron. Dengan makanan khas daerah yang lezat, hitung-hitung juga wisata kuliner, tentunya akan membuat pengalaman kamu semakin lengkap ketika berkunjung ke sini.

15 Oleh-oleh Khas Malang: Jajanan Kekinian sampai Kerajinan Tangan

Akses ke lokasi

Secara lokasi, Sumber Maron ini berada di kawasan Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang.

Untuk waktu tempuhnya sendiri kurang lebih sekitar satu jam dari pusat Kota Malang bila menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya juga mudah ditemui karena sudah ada di Google Maps.

Sementara kalau naik kendaraan umum, Kawan GNFI bisa menggunakan angkutan umum dengan kode AG, GL, LG, atau GA dari Kota Malang akan membawa Anda menuju Terminal Hamid Rusdi.

Setelah itu, cari yang tujuan Gondanglegi. Dari sana, perjalanan bisa dilanjutkan dengan ojek selama 10 menit hingga tiba di Sumber Maron.

Nikmatnya STMJ, dari Malang hingga Jadi Favorit Orang-Orang

Fasilitas, jam operasional, dan harga tiket

Untuk fasilitas dari Sumber Maron ini tergolong memadai sebagai wisata air. Tempat parkir yang luas, kamar mandi dan ruang ganti, hingga tempat ibadah semuanya ada.

Sumber Maron buka dari pukul 07.00 hingga 18.00 setiap hari. Harga tiketnya sendiri tergolong sangat murah, yaitu hanya 5000 rupiah per orang dengan biaya parkir sebesar 3000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Jika kamu merindukan momen menenangkan di antara gemuruh air terjun dan riuh pepohonan, Sumber Maron adalah tempat yang bisa jadi pilihan. Jadi, kalau Kawan GNFI main ke Malang, maka bisa mampir sejenak di Sumber Maron ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini