Mentawai, Surganya Peselancar yang Kini Semakin Mudah Didatangi

Mentawai, Surganya Peselancar yang Kini Semakin Mudah Didatangi
info gambar utama

Kepulauan Mentawai adalah daerah nan indah yang dikenal sebagai surga bagi peselancar. Kini, berpergian ke sana semakin mudah berkat infrastruktur transportasi yang semakin baik.

Secara administratif, Kabupaten Kepulauan Mentawai berada di Provinsi Sumatra Barat. Jika dilihat di peta, daerah ini letaknya ada di sebelah barat Pulau Sumatra dengan kondisi geografis berupa sejumlah pulau dengan berbagai ukuran.

Belum lama ini, sebuah bandara baru hadir di Mentawai. Bandara tersebut bernama Bandara Rokot Mentawai. Bandara Rokot hadir menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak bisa lagi dikembangkan karena lokasinya yang dibatasi laut.

Bandara Rokot Mentawai mampu menampung lebih banyak penumpang. Ini karena landas pacunya yang berukuran 1.500 x 30 meter dapat didarati pesawat ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang. Sementara itu, bandara lama hanya punya landas pacu 850 x 23 meter hanya bisa didarati pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang.

Keberadaan bandara baru menjadi penting berhubung Mentawai tergolong sebagai daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Di sisi lain, Mentawai juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata sehingga kemudahan akses menuju ke sana adalah sebuah keharusan.

"Selain daerah terluar, Mentawai juga merupakan daerah tujuan wisata dan terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga surfing (selancar). Jadi permintaan penerbangan pun cukup tinggi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Seperti yang dikatakan Budi, memang itulah Mentawai. Bentangan pantainya dengan ombak yang bergulung-gulung telah memikat hati banyak orang, terutama para penggemar olahraga selancar.

Cerita Masyarakat Mentawai yang Bergembira ketika Datang Gempa

Surga Para Peselancar

Tidak berlebihan apabila Mentawai disebut sebagai surganya para peselancar. Diketahui ada kurang lebih 400 spot surfing di berbagai penjuru Mentawai yang bisa didatangi.

Dunia internasional pun mengakui hal tersebut. Buktinya, salah satu pulaudi Mentawai yakni Pulau Sipora masuk dalam daftar 20 Spot Surfing Terbaik di Dunia versi CNN Travel.

Laman Kemenparekraf RI mencatat bahwa ombak di Pulau Sipora tingginya mencapai 7 meter. Bulan April hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk menikmati berselancar di Pulau Sipora karena ombak pada rentang waktu tersebut sedang tinggi-tingginya.

Perlu diketahui, pesawat juga bukan satu-satunya moda transportasi yang bisa diandalkan untuk mencapai Mentawai. Ada pula kapal laut yang menghubungkan Mentawai dengan Kota Padang.

Seperti moda transportasi udara, infrastruktur perkapalan di Mentawai juga semakin membaik. Sejak beberapa tahun lalu, ada kapal cepat yang hanya butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan antara Mentawai dan Padang. Padahal, sebelumnya perjalanan dengan kapal bisa memakan waktu lebih dari 10 jam.

Dengan akses yang semakin mudah, apakah Anda juga tertarik berkunjung dan mencoba berselancar di Mentawai?

Subbet, Makanan Lokal Khas yang Menggambarkan Kehidupan Suku Mentawai

Referensi:

  • https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/spot-surfing-terbaik-kelas-dunia-yang-ada-di-indonesia
  • https://dephub.go.id/post/read/tinjau-bandara-baru-di-mentawai,-menhub--sudah-selesai-dibangun-dan-siap-dioperasikan-tahun-ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini