Meriahnya Asean Fest 2023, Pagelaran Ekonomi dan Budaya Asia Tenggara

Meriahnya Asean Fest 2023, Pagelaran Ekonomi dan Budaya Asia Tenggara
info gambar utama

ASEAN Fest 2023 adalah salah satu rangkaian acara dari ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) kedua pada 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) selama 22–25 Agustus 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Mengutip laman resmi BI, ASEAN Fest 2023 merupakan pagelaran inklusif sebagai ajang masyarakat untuk memaknai momentum Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. Masyarakat dapat merasakan semangat itu melalui suguhan ragam kegiatan, di antaranya seminar, “Kampung ASEAN”, museum pertemuan ASEAN, serta pameran UMKM dan festival inklusi keuangan.

Selain itu, diselenggarakan pula Digital Financial Inclusion (DFI) Festival yang merupakan output dari Priority Economic Deliverables Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. Festival ini bertujuan menampilkan kebijakan, best practices, dan inisiatif ASEAN untuk mendorong inklusi keuangan digital.

Tunjukkan kepemimpinan ASEAN

Seminar pertama dalam ASEAN Fest 2023 mengemukakan bahwa bauran kebijakan menjadi wujud kepemimpinan ASEAN di dunia. Asosiasi ini disebutkan telah menjadi acuan dalam penerapan kebijakan melalui pengimplementasian intervensi nilai tukar, pengelolaan arus modal, hingga makroprudensial di tengah ketidakpastian global.

Gubernur Perry Warjiyo mengatakan Indonesia telah sukses dalam implementasi bauran kebijakan ekonomi yang telah dilandasi oleh kuatnya kerangka konseptual dan koordinasi antar pembuat kebijakan dengan dialog terbuka. Hal ini terbukti dari perekonomiannya yang tetap stabil di tengah tantangan global.

Pada sesi kedua, Deputi Gubernur Bagko Sentral ng Pilipinas Francisco G. Dakila menekankan pentingnya dukungan teknologi dalam rangka penguatan pemanfaatan pemodelan ekonomi pada penerapan bauran kebijakan. Hal ini akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan ASEAN setingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

ASEAN Luncurkan Pencari Tarif Baru, Manfaatkan Perjanjian Perdagangan Bebas

Ragam acara menarik

ASEAN Fest 2023 menghadirkan beragam acara menarik yang tak hanya bersifat pertemuan formal. Hari terakhir festival ini menyajikan banyak keseruan, mulai dari demo masak hingga talk show yang mengundang publik figur dan konser musik.

Adapun kuliner yang didemonstrasikan dalam ASEAN Cooking Fest itu adalah sajian kuliner negara-negara ASEAN. Kemudian pada acara talk show, topik yang diangkat masih seputar finansial dengan mengangkat tema “Responsible Digital FInancial Behaviour for A Better Future”.

ASEAN Fest 2023 juga mengundang 15 sekolah di Jakarta untuk berpartisipasi dalam acara ASEAN Speech Fest Competition. Selain berkompetisi, murid-murid yang hadir diajak berkeliling Kampung ASEAN dan menjajal berbagai permainan terkait pelajaran.

5 Kesepakatan Hasil Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 di Semarang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini