5 Brand Skincare Indonesia yang Tembus Pasar Mancanegara

5 Brand Skincare Indonesia yang Tembus Pasar Mancanegara
info gambar utama

Industri skincare merupakan salah satu industri yang banyak dibutuhkan dari masa ke masa. Di abad ke-21, pertumbuhan industri ini semakin melesat seiring dengan tren kecantikan yang turut berevolusi dengan cepat. Banyak perusahaan berlomba untuk menghasilkan produk terbaik.

Kawan tentunya sudah tidak asing dengan brand seperti Olay, L’Oreal Paris, Nivea, hingga COSRX. Brand-brand tersebut memang masuk ke dalam daftar jenama skincare yang paling terkenal di dunia saat ini. Produk-produknya bisa ditemukan di berbagai etalase kecantikan penjuru dunia.

Namun, tahukah Kawan bahwa Indonesia pun memiliki beberapa brand skincare unggulan? Tak hanya terjamin mutu kualitasnya, namun brand-brand tersebut telah berhasil menembus pasar mancanegara. Yuk, simak ada apa saja!

1. Avoskin

Brand asal Yogyakarta ini selalu mengedepankan penggunaan bahan natural untuk produk-produknya. Adapun produk-produk tersebut kebanyakan merupakan produk yang dihadirkan untuk menjaga serta memperbaiki kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Salah satu produknya yang rilis di tahun 2016, Perfect Hydrating Treatment Essence, meledak di pasaran. Pada tahun 2022, produk Avoskin mulai masuk ke pasar mancanegara, yakni di Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Brand ini mengusung kampanye #FromLocaltoGlobal dengan harapan bisa makin mendunia.

2. Scarlett

Brand milik aktris Felicya Angelista ini merupakan salah satu brand produk perawatan kulit yang terkenal di Indonesia. Kini, tak hanya di dalam negeri saja, tetapi Scarlett juga berhasil menyasar pasar luar negeri, tepatnya di Korea Selatan.

Pada tahun 2022, iklan produk Scarlett muncul di sebuah drama Korea bertajuk Today’s Webtoon. Sebelumnya, brand ini juga menggandeng aktor kenamaan Korea, Song Joong-ki sebagai brand ambassadornya. Tentu, trik pemasaran tersebut membuat Scarlett memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar negara-negara lain, khususnya di benua Asia.

3. Wardah

Siapa sih orang Indonesia yang tak mengenal Wardah? Brand kecantikan halal pertama di Indonesia ini sudah eksis sejak tahun 1995. Produknya pun berbagai macam dan senantiasa terus berinovasi untuk mengimbangi tren kecantikan.

Sukses di Indonesia, Wardah ternyata juga sudah go international. Pada tahun 2021, misalnya, melalui kampanye #BeautyMovesYou Global Movement, Wardah menjadi brand kecantikan Indonesia pertama yang berpartisipasi dalam ajang forum bisnis global di Dubai.

Produk Wardah sendiri sudah bisa ditemukan di pasar Malaysia sejak tahun 2017. Selain Malaysia, brand ini juga menargetkan negara-negara lain, yakni Thailand, Filipina, India, Singapura, Korea, Vietnam, Tiongkok, Hongkong, dan Taiwan.

Baca juga: Bagaimana Persepsi Laki-Laki Indonesia terhadap Skincare?

4. Sariayu

Sariayu merupakan brand selanjutnya yang telah lama eksis di Indonesia dan berhasil menembus pasar internasional. Salah satu produk ikonik dari brand ini merupakan produk lulur yang menggunakan komposisi alami khas Indonesia, seperti kunyit.

Melansir dari Infobrand, semua produk dari brand yang telah ada sejak kurang lebih lima dekade lalu ini telah berhasil go international. Beberapa negara yang menjadi target ekspornya adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hongkong, China, Mauritius, dan beberapa negara Afrika Timur.

5. Dear Me Beauty

Dear Me Beauty merupakan salah satu brand skincare lokal yang sering menimbulkan kehebohan. Bagaimana tidak, brand ini gemar sekali melakukan kolaborasi dengan berbagai brand makanan, seperti KFC, Sasa, Nissin Wafer, hingga Yupi. Hasilnya, produk kosmetik maupun skincarenya memiliki kemasan dan konsep yang unik karena berkolaborasi dengan brand makanan.

Keunikan tersebut yang mungkin jadi salah satu faktor keberhasilan Dear Me Beauty dalam menembus pasar luar negeri. Brand yang lahir di tahun 2017 ini berhasil membuka gerai online resmi di marketplace unggulan China, Tmall. Selain China, negara lain yang jadi target ekspor Dear Me Beauty adalah Singapura dan Malaysia.

Baca juga: 9 Brand Tertua Asal Indonesia

Dengan ketekunan dan inovasi yang tanpa henti, berbagai brand kecantikan plus skincare kebanggaan Indonesia tersebut berhasil eksis dan bahkan go international. Hebat, ya!

Sumber referensi

  • https://blog.avoskinbeauty.com/bidik-pasar-asia/
  • https://www.lombokinsider.com/nasional/pr-1554396666/go-internasional-scarlett-whitening-by-felicya-angelista-muncul-di-drama-korea
  • https://www.wardahbeauty.com/en/news/wardah-beautymovesyou-bergerak-dari-indonesia-ke-kancah-Internasional
  • https://infobrand.id/strategi-sariayu-martha-tilaar-dalam-membangun-popularitas-di-dunia-digital.phtml

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini