Perdana Menteri Tiongkok dan Jepang Akan Bertemu di KTT ke-43 ASEAN

Perdana Menteri Tiongkok dan Jepang Akan Bertemu di KTT ke-43 ASEAN
info gambar utama

Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang dipastikan bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5—7 September 2023. Kabar ini diungkapkan langsung oleh Wang Wenbin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, dalam konferensi pers, Jumat (1/9).

Li Qiang juga dijadwalkan akan menghadiri KTT ke-26 Tiongkok-ASEAN (10+1), pertemuan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan (10+3), serta KTT ke-18 Asia Timur.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang pun terkonfirmasi akan hadir ke pertemuan puncak KTT ASEAN 2023. Akhir tahun ini, Jepang dan ASEAN akan memperingati 50 tahun persahabatan serta kerja sama.

“Kami akan menghadiri pertemuan puncak terkait ASEAN berdasarkan eratnya hubungan Jepang-ASEAN, kami akan menegaskan kerja sama demi keberhasilan pertemuan puncak khusus tersebut," kata Ketua Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno dalam konferensi pers, Jumat (1/9).

Menurut Wang Wenbin, kedatangan Li Qiang ke Indonesia merupakan kunjungan perdananya ke negara Asia sejak menjabat, sekaligus kunjungan pertama perdana menteri Tiongkok ke Indonesia dalam lima tahun terakhir.

“PM Li Qiang akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk bertukar pandangan mengenai hubungan Tiongkok-Indonesia serta isu-isu internasional dan regional yang menjadi kepentingan bersama,” paparnya dikutip dari siaran pers Kemenlu Tiongkok.

800 Kendaraan Listrik Siap Sukseskan KTT ASEAN ke-43

Gala dinner di Hutan Kota Gelora Bung Karno

PM Tiongkok dan Jepang bersama seluruh delegasi KTT ke-43 ASEAN akan bertemu dalam jamuan makan malam atau gala dinner di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa (5/9/2023). Lokasinya berada di dalam kawasan Komplek Stadion GBK, Senayan.

Yozua Makes, pendiri Plataran Group—pihak yang ditugaskan menyiapkan gala dinner—mengatakan bahwa lokasi tersebut diputuskan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Iya benar, kami sudah diberitahu oleh pemerintah sejak beberapa bulan lalu Hutan Kota GBK dijadikan tempat santap malam kenegaraan para tamu VVIP dan delegasi," ujar Yozua, Sabtu (2/9/2023).

Gala dinner di Hutan Kota GBK akan dihiasi tata cahaya lampu yang apik, sehingga memberikan tampilan eksotis. Para tamu kenegaraan akan makan malam bersama sambil menikmati pertunjukkan hiburan yang disuguhkan oleh Indonesia.

Sorotan Diplomatik Jakarta: Kamala Harris Akan Mewakili AS di KTT AS-ASEAN di Jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini