Bandara Soetta Dipastikan Tetap Melayani Penerbangan Reguler selama KTT ASEAN ke-43

Bandara Soetta Dipastikan Tetap Melayani Penerbangan Reguler selama KTT ASEAN ke-43
info gambar utama

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara tempat mendaratnya delegasi-delegasi dari negara lain. Walaupun bandara itu akan dipenuhi oleh pesawat-pesawat milik delegasi yang tidak sedikit jumlahnya, pengelola Bandara Soetta memastikan tidak akan ada pembatalan atau penundaan jadwal penerbangan reguler yang jumlahnya mencapai 960–980 penerbangan dalam sehari.

AP II memastikan semua jadwal penerbangan reguler tetap beroperasi seperti biasa; setidaknya, ada 960–980 penerbangan per hari, tetapi tidak ada pembatalan jadwal enerbangan menjelang atau ketika KTT ASEAN ke-43,” ucap Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, pada Minggu 3 September sebagaimana dilansir dari press release.

Per hari Minggu 2 September 2023, rencananya ada 22 pesawat akan menginap di Bandara Soetta. 15 unit di antaranya adalah pesawat berbadan lebar dan 7 unit adalah pesawat berbadan sedang. Lokasi penginapan poesawat itu sudah disiapkan dan dipastikan tidak menganggu aktivitas pesawat reguler.

Para delegasi mulai berdatangan pada tanggal 4 September untuk mengikuti KTT yang berlangsung dari tanggal 5-7 September 2023. Pihak bandara memusatkan kedatangan para tamu negara dan delegasi KTT ASEAN ke-43 di tiga terminal, yaitu Terminal VIP, Terminal 3, dan CIP Lounge yang terletak di Terminal 1.

Baca juga: Sokongan Listrik KTT ASEAN ke-43 Gunakan Sumber Energi Bersih

Menyiapkan Pelayanan Terbaik

Personil Bandara Soetta telah mempersiapkan pelayanan terbaik dalam menyambut para delegasi yang jumlahnya tidak sedikit itu.

Dalam upaya tersebut, Awaluddin memastikan semua personlil bandara siap menyambut delegasi dengan melakukan roll call yang diikuti oleh customer service, digital service,aviation security, airport rescue and fire fighting, terminal inspection service, dan para mekanik.

Roll calls itu penting untuk mempersiapkan kinerja para personil Bandara Soetta yang menjadi pintu masuk utama bagi para delegasi dan tamu undangan yang diundang dalam KTT ASEAN ke-43.

Roll calls dilakukan untuk memastikan semua personil siap dalam menyambut para tamu negara dan delegasi yang mengikuti KTT ASEAN ke-43, terutama Bandara Soekarno-Hatta menjadi pintu masuk utama kedatangan mereka,” lanjut Awaluddin.

Sebagai titik kedatangan krusial bagi para tamu negara dan delegasi KTT, Awaluddin menginginkan personil bandara memberikan pelayanan terbaik bagi tamu-tamu penting negara itu.

Ia menginginkan kedatangan para delegasi berjalan lancar. Selain lancarnya kedatangan para delegasi, Awaluddin juga mengharapkan para personilnya memberikan kesan pertama yang positif pada para tamu negara dan delegasi.

Oleh karena itu, ada tiga aspek yang harus dipenuhi dalam menyambut para delegasi, yaitu human resource, prosedur, dan fasilitas. Kombinasi ketiga aspek itu penting dalam membangun pelayanan yang baik kepada para delegasi KTT ASEAN ke-43.

Untuk mewujudkannya, pihak Bandara Soetta menjalin kolaborasi, koordinasi, dan sinergi bersama seluruh stakeholder untuk memastikan memastikan kualitas keamanan dan pelayanan.

“Saya meminta ketiga aspek harus berjalan, yaitu human resource, prosedur, dan fasilitas. Koordinasi, kolaborasi, dan sinergi harus ditingkatkan dengan semua stakeholder untuk memastikan keamanan dan pelayanan,” tambah Awaluddin.

Baca juga: Antusias! Harapan Besar Warga Jakarta di KTT ke-43 ASEAN 2023

Dekorasi Cantik Bandara

Di sisi lain, pihak Bandara Soetta telah mempercantik desain bandara dalam acara penyambutan penting itu. Tema yang dipilih adalah Soul of Indonesia untuk menunjukkan keindahan alam Nusantara dilengkapi dengan kekayaan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Karena itu, sisi-sisi bandara dipenuhi dengan pernak-pernik khas kebudayaan Indonesia. Di antara pernak-pernik tersebut ada terdapat kain tenun dari NTT, ornamen khas Batak, wayang golek, dan berbagai artefak kebudayaan lainnya. Dekorasi itu juga menampilkan 13 jenis bunga Nusantara yang menambah warna dan keindahan bandara.

Referensi:

  • https://www.angkasapura2.co.id/id/news/event/pers/978-bandara-soekarno-hatta-siap-dukung-ktt-ke-43-asean-di-jakarta?fbclid=PAAabcYJjEb8ZGZbSGSZn9ze-N7j_a3fJnAn0vgSTepngpegfpnPD6V5xlpUQ
  • https://angkasapura2.co.id/id/news/event/pers/979-gelar-apel-siaga-ktt-ke-43-asean-president-director-ap-ii-rencana-operasi-telah-disiapkan-di-bandara-soekarno-hatta?fbclid=PAAaZiHVqXOFN_YM5FTfYX08rz8Jx8aeJ6AjpK856lRtk3RjBGTyVXrkOQ5iw

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini