Fasilitas Mewah dan Memadai, Jurnalis Apresiasi Media Center KTT ASEAN

Fasilitas Mewah dan Memadai, Jurnalis Apresiasi Media Center KTT ASEAN
info gambar utama

Tim media yang meliput seluruh prosesi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta diberikan fasilitas yang mengesankan oleh pemerintah Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan tempat dengan daya tampung mencapai 2.500 orang.

Ruangan Media Center yang terletak di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) ini menghadirkan berbagai macam fasilitas yang sangat lengkap bagi 1.300 jurnalis terdaftar dan juga tambahan official media yang mengikuti delegasi KTT ke-43 ini.

Bahkan, Direktur Jenderal Kominfo, Usman Kansong, turut mengkonfirmasi bahwa pihaknya menyediakan 240 workstation komputer LAN yang didukung dengan jaringan internet berkecepatan 1,5 Gbps dari Telkom.

Anti Lemot! RI Siapkan Internet Kecepatan 10 Gbps dan BTS 5G di KTT ke-43 ASEAN

Kominfo juga menyediakan pusat distribusi siaran internasional khusus, 10 stan media partnerbooth berukuran 5 x 3 meter, dan stan audio video editing.

Media Center ini juga dilengkapi dengan studio one-on-one, konversi siaran multi-format, ruang media briefing, ruang konferensi pers berkapasitas 300 orang dengan lima penerjemah, dua unit stand-up position dan webcast atau live streaming, media lounge, ruang darurat medis, serta fasilitas penyimpanan.

Serangkaian fasilitas yang sangat lengkap ini beroperasi selama 24 jam demi seluruh tim media. “Bagi rekan awak media yang sudah mendaftar serta melakukan registrasi, dapat mengambil ID badge masing-masing di Media Center,” ujar mantan News Current Affairs Manager Metro TV ini.

Untuk menopang kinerja awak media ini, bahkan Kominfo juga menyediakan berbagai macam hidangan. Seluruh hidangan ini disajikan nonstop.

Hidangan yang disediakan pemerintah Indonesia untuk tim jurnalis di Media Center
info gambar

Kominfo juga menyiapkan fasilitas luar biasa lain seperti, rilis dwibahasa, foto, paket video dalam dua bahasa, siaran clean feed, buletin, press briefing, dan pedoman teknis jurnalis. Terdapat meja publikasi dan distribusi, pojok fotokopi dan alat tulis, beberapa monitor TV, dan beberapa lot untuk Satellite News Gathering (SNG).

Apresiasi Jurnalis yang Meliput

Laman resmi media Kominfo, infopublik.id mewartakan, banyak jurnalis media asing mengaku senang dengan pelayanan luar biasa di Media Center KTT ASEAN ini, salah satunya Kouch Vengsrun, jurnalis asal Kamboja.

Vengsrun yang bertugas untuk meliput berita seputar forum negara Kawasan Asia Tenggara ini merasa diistimewakan. Berbagai pelayanan memadai dan kebutuhan serta informasi lengkap sudah disediakan. Ia mengaku, media dan para jurnalis dapat mengakses semua hal tersebut dengan mudah.

Fasilitas yang disediakan oleh Indonesia ini tertata baik dan sangat lengkap. Vengsrun tak luput untuk mengungkapkan apresiasinya untuk Media Center KTT ASEAN ini.

Fasilitasnya sangat bagus, semua tertata baik. Saya sangat mengapresiasinya. Media Center (KTT ke-43 ASEAN) ini sangat nyaman dan semua yang ada di sini sangat ramah pada kami,” jelasnya dikutip dari infopublik.id.

Beberapa awak media yang mencoba fasilitas kursi pijat yang disediakan di Media Center | Media Center KTT ASEAN 2023 (Dwi Prasetya/foc.)
info gambar

Selain itu, kecepatan internet melalui WiFi dan LAN yang disiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) juga dianggap sangat membantu para jurnalis yang meliput.

Petugas yang membantu dalam pelayanan seluruh media juga ramah. Ditambah dengan kapasitas yang sangat luas membuat awak media menjadi lebih nyaman bekerja. Hal ini disampaikan oleh Hamdi, jurnalis asal Brunei.

Jurnalis KTT ASEAN 2023 Dapat Fasilitas Berkelas, Apa Saja?

"Kami berterima kasih dengan para petugas di Media Center sehingga kami bisa bekerja dengan baik," ujarnya.

Hal senada juga dibeberkan oleh Fx Laksana Saputra, wartawan Harian Kompas. Ia mengaku bahwa fasilitas KTT ke-43 ASEAN di Jakarta ini dinilai lebih baik dibandingkan KTT sebelumnya yang digelar di Labuan Bajo, Mei 2023 lalu.

Sementara itu, awak media juga disediakan ruangan relaksasi. Di dalamnya, terdapat kursi pijat yang dapat digunakan oleh para jurnalis yang meliput agenda KTT ASEAN ini.

Tim media juga dapat menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pemerintah untuk mencapai Media Center. Bus ini berkeliling dari hotel dan halte kendaraan umum di sekitar JCC.

Referensi:

https://infopublik.id/kategori/asean-2023/775549/jurnalis-kamboja-ini-merasa-takjub-dengan-media-center-ktt-asean

https://infopublik.id/kategori/asean-2023/775876/apresiasi-media-center-jurnalis-juga-bangga-jadi-bagian-ktt-ke-43-asean

https://infopublik.id/kategori/asean-2023/775626/jurnalis-asing-apresiasi-kecepatan-internet-di-media-center-ktt-asean

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini