KTT ke-43 ASEAN Hasilkan 93 Proyek Senilai Rp586 Triliun

KTT ke-43 ASEAN Hasilkan 93 Proyek Senilai Rp586 Triliun
info gambar utama

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN resmi ditutup pada Kamis sore (7/9/2023). Pagelaran puncak yang berlangsung selama tiga hari itu telah menghasilkan cukup banyak kesepakatan ekonomi, baik antarnegara ASEAN, maupun dengan negara mitra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, ASEAN berhasil mengantongi 93 proyek dengan nilai investasi 38,2 miliar dolar AS atau setara Rp586 triliun. Kerja sama tersebut diperoleh dalam ASEAN-Indo-Pacific Forum pada 5—6 September lalu di Hotel mulia, Jakarta.

“Sekali lagi, ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” ucap Jokowi dalam konferensi pers usai penutupan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center.

KTT ke-43 ASEAN Ditutup, Keketuaan Resmi Berpindah ke Laos

Bukan itu saja, ada banyak keputusan lain yang sudah dihasilkan menurut keterangan Jokowi. Beberapa di antaranya: pengembangan end to end ekosistem kendaraan listrik antara ASEAN Plus Three (Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok). Kemudian, percepatan pelaksanaan regional pembayaran lintas batas (cross-border payment) dan transaksi mata uang lokal (local currency transaction).

Di samping itu, pertemuan kenegaraan ini juga menghasilkan deklarasi KTT ke-18 Asia Timur mengenai epicentrum of growth.

“Selama keketuaan Indonesia, pilar-pilar yang dapat mendukung epicentrum of growth diperkuat semuanya, misalnya ketahanan pangan, energi, kesehatan, dan tadi Bapak Presiden sudah mengatakan mengenai masalah keuangan,” timpal Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Fasilitas Mewah dan Memadai, Jurnalis Apresiasi Media Center KTT ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini