Mengenal Ikan Kembung dari Pengertian Hingga Manfaatnya Untuk Kesehatan

Mengenal Ikan Kembung dari Pengertian Hingga Manfaatnya Untuk Kesehatan
info gambar utama

Bagi Kawan yang suka makan di warteg, pasti pernah menjumpai menu ikan kembung. Ikan ini biasanya disajikan dengan cara digoreng atau ditumis. Ikan ini punya daging yang banyak dan enak, serta harganya terjangkau. Hal itu membuat ikan ini cukup banyak digemari.

Dibalik dagingnya yang enak dan murah harganya, ikan ini menyimpan berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, beberapa kandungan gizinya lebih baik dari ikan salmon. Lalu apa saja manfaat ikan kembung untuk kesehatan?

Apa Itu Ikan Kembung?

Ikan Kembung
info gambar

Sebelum membahas manfaat ikan kembung untuk kesehatan, mari kita cari tahu dulu apa sih ikan kembung itu. Ikan kembung merupakan ikan laut yang termasuk ke dalam genus Rastrelliger. Ikan ini masih satu kerabat dengan tongkol, tuna, tenggiri, dan makarel.

Di berbagai daerah di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya di daerah Sumatera Barat yang mengenal ikan ini dengan nama ikan gembolo. Atau di Makassar yang menyebut ikan ini dengan sebutan ikan banyar/banyara.

Ada tiga jenis ikan kembung yang ada di Indonesia, yaitu:

  • Rastrelliger kanagurta (kembung jantan)
  • Rastrelliger brachysoma (kembung betina)
  • Rastrelliger faughni

Menurut situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan kembung memiliki gizi yang cukup banyak. Dalam setiap 100 gram ikan kembung, setidaknya ada 6 kandungan gizi yang bisa ditemukan, yaitu:

  • Kolesterol: 33 miligram
  • Zat besi: 0,9 miligram
  • Omega 3: 2,6 gram. Menurut beberapa sumber, kandungan Omega 3 tersebut jauh lebih besar dari ikan salmon yang hanya memiliki Omega 3 sebesar 1,4 gram saja.
  • Kalori: 112 kkal
  • Protein: 21,4 gram
  • Lemak: 2,3 gram
Baca juga : Ikan Pindang, Santapan Lezat dan Bergizi yang Potensi Cuannya Menggiurkan

Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

Ikan Kembung
info gambar

Banyaknya kandungan gizi dalam ikan kembung membuat ikan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari sejumlah manfaat itu, beberapa di antaranya adalah:

1. Membuat Kesehatan Jantung Terjaga

Menurut beberapa studi, mengkonsumsi ikan kembung dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak lepas dari kandungan Omega 3, kalium, magnesium, selenium, dan zinc pada ikan ini.

Ikan ini juga bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah, serta mengurangi peradangan. Untuk mendapatkan semua manfaat itu, para ahli menyarankan supaya Kawan mengkonsumsi ikan kembung setidaknya seminggu dua porsi.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Kawan yang sedang diet atau menurunkan berat badan, ikan kembung cocok dikonsumsi karena bisa membantu berat badan Kawan turun. Hal ini tidak lepas dari kandungan kalorinya yang rendah dibanding jenis ikan laut lainnya.

Ikan kembung juga mengandung protein dan lemak baik yang mampu menurunkan kadar hormon ghrelin yang berfungsi mengontrol lapar. Dengan begitu, perut Kawan pun tidak akan mudah lapar.

3. Memperkuat Tulang

Ikan kembung dikenal sebagai penghasil vitamin D alami. Ikan ini pun juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium dan fosfor. Kandungan vitamin D dan mineral pada ikan ini bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Sehingga tulang pun jadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

4. Membantu Menurunkan Risiko Gangguan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik, ikan kembung juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Menurut situs WebMD, ikan kembung memiliki Omega 3 DHA (Docosa-Hexaenoic Acid) yang membantu menurunkan beberapa risiko gangguan kesehatan mental.

Misalnya saja depresi, autisme, dan bipolar. Asam lemak pada ikan kembung juga membantu mengontrol pelepasan hormon yang berperan menjaga fungsi otak.

Referensi:

https://sajiansedap.grid.id/read/102448620/beli-di-warteg-harganya-murah-meriah-rutin-makan-ikan-kembung-buat-tubuh-rasakan-efek-tak-terduga-ini-enggak-nyangka?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_kembung

https://health.kompas.com/read/23C18120100768/5-manfaat-makan-ikan-kembung-yang-punya-gizi-tak-kalah-dari-salmon?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini