Pemerintah Terbitkan Visa Music and Art, Siap Sambut Konser Berskala Internasional

Pemerintah Terbitkan Visa Music and Art, Siap Sambut Konser Berskala Internasional
info gambar utama

Setelah visa sport, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM kini juga menerbitkan visa music and art yang ditujukan bagi orang asing untuk pertunjukan musik dan seni di Indonesia.

“Kita permudah persyaratan visa untuk sport dan visa music and art agar Indonesia menjadi negara destinasi yang diperhitungkan untuk gelaran olahraga dan musik internasional,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (18/9).

Adapun kemudahan persyaratan yang dimaksud, antara lain tidak perlu melampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun. Dengan Ini, Indonesia diharapkan dapat menggelar lebih banyak event pertunjukan musik lebih banyak.

Tingkatkan pariwisata Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI), Dino Hamid menyambut baik regulasi yang memudahkan perizinan berbagai kegiatan seperti musik dan seni di Indonesia. Hal ini penting untuk mendorong penyelenggaraan event kelas dunia di Tanah Air.

Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (18/9), Wakil Ketua BPP PHRI, Yuno Abeta Lahay juga optimistis kemudahan persyaratan visa tersebut akan memberikan kepastian izin masuk ke Indonesia bagi pelaku seni internasional.

Kemudahan persyaratan permohonan visa untuk gelaran musik dan seni itu pada akhirnya dapat berdampak positif terhadap peningkatan bisnis pariwisata di Indonesia. Selain itu, Indonesia berpotensi jadi negara yang diperhitungkan untuk pagelaran musik internasional.

Golden Visa Diterapkan, Bisa Menarik WNA Bertalenta dan Investor

Tetap waspada Penyalahgunaan

Sejalan dengan hal itu, Wakil Ketua Umum 1 DPP Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Budijanto Ardiansjah juga merespon positif penerbitan visa khusus music and art oleh Pemerintah Indonesia.

“Setiap kemudahan yang diberikan oleh pemerintah bagi wisatawan masuk ke Indonesia tentu saja itu akan menjadi stimulus bagi perkembangan di Indonesia,” katanya, dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (18/9).

Meskipun begitu, pihaknya menggarisbawahi pentingnya pertimbangan negara-negara yang akan diberikan kemudahan visa. Hal ini harus mencakup negara-negara yang memiliki catatan aktif berwisata ke Indonesia. Selanjutnya, diperlukan pemantauan lebih lanjut agar tidak disalahkan oleh pihak-pihak tertentu.

Dukung Peningkatan Kunjungan Turis Suporter Olahraga, Indonesia Akan Luncurkan Visa Sport

Referensi:

CNN Indonesia. Ditjen Imigrasi Terbitkan Visa Sport–Visa Music and Art. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230914184432-20-999179/ditjen-imigrasi-terbitkan-visa-sport-visa-music-and-art

CNBC Indonesia. RI Permudah Artis–Atlet Asing, Bisnis Kreatif Senang. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230918111329-8-473330/ri-permudah-visa-artis-atlet-asing-bisnis-kreatif-senang

CNBC Indonesia. Artis–Atlet Asing Gambang ke RI, Ini Respons Pengusaha. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230915171130-4-472888/artis-atlet-asing-bakal-gampang-ke-ri-ini-respons-pengusaha

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini