Berkat Jonatan Christie, Penantian 25 Tahun Indonesia di Hong Kong Open Akhirnya Usai

Berkat Jonatan Christie, Penantian 25 Tahun Indonesia di Hong Kong Open Akhirnya Usai
info gambar utama

Jonatan Christie berhasil menjadi juara tunggal putra di ajang bulu tangkis Hong Kong Open 2023.

Pebulu tangkis yang biasa disapa Jojo itu menjadi juara Hong Kong Open 2023 setelah mengalahkan wakil Jepang, Kenta Nishimoto pada partai final. Pertarungan keduanya digelar di Hong Kong Coliseum, Minggu (17/9/2023), sore WIB.

Pertandingan antara dua pebulu tangkis papan atas dunia itu berlangsung sengit. Meski demikian, Jojo akhirnya berhasil menang lewat tiga gim dengan skor 12-21, 22-20, 21-18.

Jojo sempat keteteran pada awal pertandingan. Ia sudah ketinggalan sejak interval pertama di gim pertama. Jojo akhirnya kalah telah 12-21.

Memasuki gim kedua, Jojo menberikan perlawanan ketat. Kendati ketinggalan satu poin pada interval pertama, Jojo akhirnya bisa membalikkan keadaan dan menutup gim dengan skor 22-20.

Pertarungan Jojo dan Nishimoto semakin seru pada gim ketiga di mana keduanya saling menekan. Pada separih pertama gim, Jojo lebih unggul dengan skor 11-9 pada interval pertama. Setelahnta, Nishimoto menekan balik hingga sempat membuat skor imbang 18-18. Namun, Jojo akhirnya menutup gim ini dengan skor 21-18.

"Kunci kemenangan saya adalah pantang menyerah, karena kita tahu Nishimoto adalah pemain yang sangat-sangat ulet dan susah dimatikan. Kemarin, (Anthony Sinisuka) Ginting yang sudah menyerang dengan bagus tapi tidak bisa menembusnya," ujar Jojo dalam keterangan yang dirilis PBSI.

"Secara skill dan kemampuan saya rasa tadi kami seimbang. Saya hanya berusaha dan bekerja keras, sisanya saya serahkan semua pada Tuhan," pungkasnya.

Atlet Difabel Indonesia Borong Gelar di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023

Penantian 25 Tahun

Keberhasilan Jojo juara di Hong Kong Open 2023 adalah catatan gemilang bagi Indonesia. Sebab, ini mengakhiri penantian panjang Indonesia untuk punya juara tunggal putra di ajang Hong Kong Open.

Hong Kong Open diketahui telah diselenggarakan sejak 1982. Tahun ini menandai kembalinya ajang tersebut setelah absen digelar selama tiga tahun.

Terakhir kali ada pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang jadi juara di sana adalah pada 1998. Saat itu, juaranya yakni Budi Santoso. Setelahnya, gelar juara tunggal putra Hong Kong Open lebih banyak dikuasai oleh China dan Malaysia lewat Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Dengan demikian, Indonesia telah menunggu selama 25 tahun hingga akhirnya punya atlet juara lagi di tunggal putra Hong Kong Open.

Selain Jojo, Indonesia juga juara di nomor ganda putri dalam Hong Kong Open edisi tahun ini. Gelar diraih oleh pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Tim Lari Trail Asal Depok Tampil Ciamik di Ajang Bergengsi Ultra-Trail du Mont-Blanc 2023

Referensi:

  • https://pbsi.id/2023/09/17/hong-kong-open-2023-kalahkan-nishimoto-jojo-naik-podium-teratas/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini