Rayakan 50 Tahun Persahabatan, Korsel Siap Dukung Visi Indonesia Emas 2045

Rayakan 50 Tahun Persahabatan, Korsel Siap Dukung Visi Indonesia Emas 2045
info gambar utama

Dalam perayaan 50 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia, Korea Selatan menyatakan akan menjadi mitra yang optimal untuk mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (20/9), Duta Besar Korea Selatan Lee Sang Deok bahkan menyebut masyarakat di kedua negara itu telah menjalin relasi sejak abad ke-14 dan ke-15. Hal ini menurutnya menjadi landasan kuat bagi perkembangan solidaritas Korea-Indonesia.

“Saya percaya bahwa sejarah panjang interaksi tersebut merupakan landasan kuat bagi berkembangnya solidaritas Korea-Indonesia yang kita lihat saat ini. Kedekatan ini kini berkembang karena akarnya yang dalam,” katanya.

Mitra strategis Indonesia

Korea Selatan menjadi mitra strategis Indonesia di berbagai bidang. Dalam hal ekonomi misalnya, perdagangan kedua negara ini mencapai 24,5 miliar dolar AS pada 2022. Indonesia dapat dikatakan menguasai pasar Korea Selatan untuk beberapa komoditas.

Selain itu, Korea Selatan juga tercatat sebagai salah satu investor terbesar di Indonesia dengan total investasi sebesar 2,29 miliar dolar AS. Negeri Ginseng ini juga akan terlibat dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia, IKN Nusantara.

Dalam hal energi terbarukan, Korea Selatan mendukung penuh upaya Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Dukungan ini terlihat dengan masuknya salah satu produsen kendaraan listrik utama, Hyundai, ke Indonesia.

Indonesia gandeng Investor Korea Selatan untuk Pembangunan IKN

Kerja sama membangun desa

Baru-baru ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melakukan kunjungan ke Provinsi Gyeongsangbuk-do guna meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Korea Selatan. Hal ini utamanya pada modernisasi ekonomi pedesaan.

Dilansir dari Detikcom, Rabu (20/9), bergulirnya Saemaul Undong atau Gerakan Desa Membangun menurutnya menjadi salah satu faktor kemajuan Korea Selatan. Oleh karena itu, Indonesia terus menggenjot kerja sama sister city yang secara khusus dapat mengembangkan sumber daya manusia dan pertanian desa.

Pemerintah Provinsi Gyeongsangbuk-do sebelumnya diketahui telah menjalin kerja sama sister province dengan DIY sejak tahun 2003. Dalam kunjungan Ketua MPR RI itu pula, pihaknya menyatakan terbuka untuk melakukan kerja sama sister city dengan berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

Presiden Jokowi: Korea Selatan Adalah Mitra Masa Depan ASEAN

Referensi:

  • Detikcom. Ke Korsel, Bamsoet Ungkap Kerja Sama dengan RI. https://news.detik.com/berita/d-6940266/ke-korsel-bamsoet-ungkap-potensi-kerja-sama-dengan-ri
  • Kompas.id. Lebih Dekat, Lebih Erat. https://www.kompas.id/baca/internasional/2023/09/19/lebih-dekat-lebih-erat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini