Ekspor 18 Ton Biji Pinang Asal Jambi Meluncur ke Bangladesh

Ekspor 18 Ton Biji Pinang Asal Jambi Meluncur ke Bangladesh
info gambar utama

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas sebanyak 18 ton biji pinang untuk diekspor ke Bangladesh. Bersama dua komoditas unggulan asal Jambi, kopra hingga karet, nilai ekspor tersebut mencapai Rp2,089 miliar.

“Jambi dengan komoditas andalannya memiliki peranan yang besar untuk ekspor pinang asal Indonesia,” kata Mendag Zulkifli Hasan, dilansir dari Antara, Senin (25/9).

Menurutnya, Provinsi Jambi juga berperan besar dalam mencetak nilai ekspor dari beberapa komoditas seperti kayu manis, cengkeh, kopi, dan lain-lain. Ekspor ini tercatat surplus berturut-turut selama 40 bulan dengan nilai hampir Rp900 triliun pada 2022.

Menghadapi sejumlah tantangan

Provinsi Jambi menjadi sentra produksi pinang yang berkontribusi hampir 40 persen dalam produksi nasional. Kualitas pinang ini dinilai cukup tinggi dibandingkan negara lain.

Meskipun begitu, Indonesia menghadapi tantangan untuk ekspor pinang ke India. Hal ini karena India memiliki proteksi yang kuat dalam melindungi petani pinang di negaranya sehingga berpotensi menghambat pasar pinang Indonesia.

India juga tengah menerapkan Minimum Import Price (MPI) dan tarif bea masuk yang tinggi. Selain itu, komoditas pinang dari Indonesia belum mendapat pengakuan sertifikasi di negara tujuan ekspor tersebut.

Nikmatnya Buah Pinang dari Jambi Bakal Sampai ke Bangladesh

Upaya diplomasi bilateral

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan upaya diplomasi bilateral dengan negara tujuan ekspor pinang sehingga tidak ada lagi hambatan yang dihadapi Indonesia.

“Saya juga lagi berjuang keras agar India mengubah kebijakannya terhadap pinang dari Indonesia, khususnya dari Jambi,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Maka dari itu, kolaborasi adalah kunci. Sinergi yang kuat antara semua stakeholder mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta pelaku usaha sangat diperlukan sehingga dapat meningkatkan kinerja ekspor sekaligus ekonomi nasional.

RI Ekspor 1.000 Ton Kacang Hijau ke Tiongkok, Diburu Pembeli Mancanegara

Referensi:

Antara. Mendag lepas Ekspor Pinang Asal Jambi Sebanyak 18 Ton ke Bangladesh. https://www.antaranews.com/berita/3740859/mendag-lepas-ekspor-pinang-asal-jambi-sebanyak-18-ton-ke-bangladesh

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini