Korsel hingga China Minat Investasi LRT Bali, Target Pembangunan Awal 2024

Korsel hingga China Minat Investasi LRT Bali, Target Pembangunan Awal 2024
info gambar utama

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah menargetkan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek kereta ringan (LRT) Bali dimulai pada awal 2024.

Pembangunan LRT Bali katanya bakal melibatkan sejumlah investor asing. Dia mengeklaim, beberapa negara telah menyatakan minatnya untuk menggarap proyek ini, mulai dari Korea Selatan hingga Tiongkok.

"Yang jelas ada Korea, Jepang, China," sebut Luhut dalam peluncuran buku dan perayaan ulang tahunnya ke-76 di Samisara Grand Ballroom, Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Dia berharap, para investor tersebut bisa membawa satu nilai tambah lebih, yaitu transfer teknologi untuk membantu perkembangan pengetahuan Indonesia. Pemerintah bersedia bekerja sama dengan semua pihak yang mau mendukung pembangunan LRT Bali.

"Mana saja mau transfer teknologi dengan cepat dan murah kita akan ambil. Jadi kita tidak ada preference," tambahnya.

LRT Bali Akan Dibangun di Bawah Tanah, Butuh Dana Rp9 Triliun

Pada kesemapatan berbeda, Luhut sempat mengutarakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajaran menteri untuk melakukan studi kelayakan (feasibility study) lanjutan mengenai proyek LRT di Bali.

Luhut bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi akan segera melakukan studi lebih lanjut mengenai pembangunan LRT Bali.

"Kami dengan menhub akan segera mengadakan rapat teknis untuk melakukan penajaman studi, walaupun sebetulnya studinya sudah ada," tuturnya.

Menurut Luhut, kemungkinan trase LRT di Bali diperpanjang dari Bandara Ngurah Rai ke Seminyak sampai Canggu sejauh 20 kilometer. Harga tiket LRT Bali diestimasikannya antara 1—2 dolar AS per penumpang.

"Tadi presiden juga sudah memutuskan kita lakukan studi lanjutan untuk LRT di Bali dari lapangan terbang sampai ke Seminyak dan kalau perlu nanti terus sampai ke Canggu itu 20 kilometeran," tandas Luhut.

Setelah Palembang dan Jabodebek, Bali Akan Menyusul Punya LRT

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini