Produk Tempe Indonesia Dapat Label Ramah Lingkungan dari Dewan Ekspor Kedelai AS

Produk Tempe Indonesia Dapat Label Ramah Lingkungan dari Dewan Ekspor Kedelai AS
info gambar utama

Produk tempe asal Indonesia yang diproduksi oleh PT Azaki Food Internasional mendapatkan label ramah lingkungan melalui sertifikat U.S. Sustainable dari Dewan Ekspor Kedelai Amerika Serikat (US Soybean Export Council/USSEC).

Dengan begitu, produsen tempe terbesar di dunia tersebut berhak menyematkan label bertuliskan “Sustainable U.S. Soy” yang termasuk dalam kategori eco label atau ramah lingkungan.

Country Director USSEC Indonesia Ibnu Wiyono menyebut perolehan label ramah lingkungan itu sebagai prestasi yang menunjukkan bahwa tempe–yang umumnya diproduksi secara tradisional–juga dapat menerapkan prinsip berkelanjutan.

“Sebuah prestasi bahwa tempe yang selama ini lebih dikenal diproduksi secara tradisional, ternyata mampu menerapkan produksi secara berkelanjutan dan secara langsung menjaga keberlangsungan alam,” katanya, dilansir dari Media Indonesia, Jumat (29/9).

Proses yang tidak mudah

Ibnu mengungkapkan bahwa tidak mudah mendapatkan label “Sustainable U.S. Soy”. Diperlukan komitmen dan keseriusan produsen dalam menerapkan konsep berkelanjutan pada setiap proses produksinya.

PT Azaki diketahui menginvestasikan dana yang cukup besar agar konsisten terhadap prinsip produksi tempe berkelanjutan. Hal ini terlihat dari operasional pabriknya yang ramah lingkungan.

Tempe Azaki telah menembus pasar dunia, di mana sebanyak 35 ton diekspor ke Jepang dan 15 ton ke Korea Selatan setiap bulannya. Sejak awal tahun 2023 ini, PT Azaki juga mulai mengekspor ke Taiwan dan Amerika Serikat.

Tempe, Super Food Asal Indonesia yang Didaftarkan sebagai Warisan Budaya UNESCO

Inspirasi bagi perajin tempe

Sekjen Forum Tempe Indonesia (FTI) Muhammad Ridha berharap agar terobosan dalam produksi tempe Azaki mampu menjadi inspirasi bagi perajin lainnya untuk menerapkan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Tempe Azaki merupakan salah satu UKM yang mampu menerobos pasar luar negeri, bisa dikatakan menjadi panutan atau role model produksi tempe berkelanjutan dan tentu saja akan menjadi inspirasi bagi perajin tempe lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Maka dari itu, FTI mendorong para UKM tempe untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Sementara dari sisi konsumen, diharapkan agar lebih memilih produk-produk yang ramah lingkungan sebagai bentuk keikutsertaan dalam menjaga kelestarian alam.

Sejarah Tempe, Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

Referensi:

Media Indonesia. Selain Mendunia, Tempe Indonesia Didaulat Ramah Lingkungan. https://mediaindonesia.com/humaniora/617104/selain-mendunia-tempe-indonesia-juga-didaulat-ramah-lingkungan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini