Festival Indonesia di Gwanghwamun Meriahkan 50 Tahun Persahabatan RI-Korea Selatan

Festival Indonesia di Gwanghwamun Meriahkan 50 Tahun Persahabatan RI-Korea Selatan
info gambar utama

Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan, KBRI Seoul menggelar Festival Indonesia yang bertajuk “Closer Friendship–Stronger Partnership” di Gwanghwamun Square, Seoul.

Dilansir dari Tempo, Sabtu (30/9), festival yang digelar selama dua hari pada 28–29 September lalu itu, mendatangkan setidaknya 11.500 pengunjung. Dari jumlah tersebut, lebih dari seribu penonton merupakan warga negara Korea Selatan.

Festival Indonesia menjadi acara tahunan KBRI Seoul yang diselenggarakan di tiga kota, yakni Busan, Ansan, dan Seoul. Pemilihan Gwanghwamun untuk festival kali ini karena lokasinya paling strategis sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Tetapkan empat target

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Seoul Gogot Suharwoto mengungkapkan ada empat target yang ingin dicapai melalui gelaran Festival Indonesia di Gwanghwamun.

Pertama, pengenalan budaya yang dilakukan dengan pertunjukan mengenai Korea Selatan dan Indonesia. Kedua, promosi produk dengan pameran produk-produk lokal seperti fashion dan makanan khas Indonesia.

Ketiga, acara tersebut menargetkan people to people contact, di mana masyarakat di kedua negara bisa saling berbaur. Keempat, dalam kesempatan yang sama, KBRI Seoul hendak memperkenalkan dua buku, yakni buku tentang sosok Presiden RI Joko Widodo dan buku Pancasila.

Presiden Jokowi: Korea Selatan Adalah Mitra Masa Depan ASEAN

Kecintaan terhadap Indonesia

Gogot menilai masih belum banyak warga negara Korea Selatan yang memahami Bahasa Indonesia. Sebab, Indonesia belum punya chanel TV yang bisa diakses dari Korea Selatan, berbeda dengan Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.

Oleh karena itu, KBRI Seoul menyelenggarakan Festival Indonesia sebagai pengenalan budaya, sekaligus untuk meningkatkan kecintaan publik Korea Selatan terhadap Indonesia.

Pihaknya menyebut jumlah warga negara Korea Selatan yang mempelajari atau melakukan riset tentang budaya Indonesia terus mengalami kenaikan. Khusus dalam hal pendidikan, KBRI Seoul pada 2023 juga bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk memfasilitasi dosen di Tanah Air.

Indonesia Gandeng Investor Korea Selatan untuk Bangun IKN

Referensi:

Tempo.co. KBRI Seoul Promosi Budaya di Festival Indonesia. https://dunia.tempo.co/read/1777733/kbri-seoul-promosi-budaya-di-festival-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini