Melangkah Menuju Industrialisasi: Babak Baru Sejarah Futsal Indonesia

Melangkah Menuju Industrialisasi: Babak Baru Sejarah Futsal Indonesia
info gambar utama

Industri olahraga tak ketinggalan merambah futsal. Dengan demikian, babak baru dalam sejarah futsal Indonesia pun akan terbuka.

Sejarah futsal Indonesia bermula pada akhir era 1990-an. Saat itu, futsal sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, futsal Indonesia baru resmi hadir ke mata dunia pad awal 2000-an.

Dalam Latihan Taktik BEYB Bermain Futsal Modern, Benny Badaru mencatat bahwa momen yang membawa futsal Indonesia tampil di mata dunia adalah Kejuaraan Futsal Asia 2002. Saat itu, Indonesia mendapat mandat sebagai tuan rumah.

Rangkaian pertandingan digelar di Istora Senayan, Jakarta. Tim Indonesia memang tidak lolos dari babak penyisihan grup. Namun selepas momen ini, futsal Indonesia terus berkembang dengan amat pesat.

Saat ini, Indonesia sudah punya kompetisi futsal yang berjenjang. Di level teratas, ada Liga Futsal Profesional Indonesia serta kompetisi khusus untuk tim putri. Lalu di bawahnya, ada Liga Futsal Nusantara.

Timnas Futsal Indonesia tak ketinggalan ambil bagian dari berbagai ajang internasional. Di Kejuaraan Futsal Asia saja, Indonesia tercatat sudah 10 kali ikut serta. Pencapaian terbaik Indonesia di sana adalah lolos ke perempat final.

Di tingkat Asia Tenggara, Indonesia juga aktif bersaing. Indonesia telah 15 kali ikut Piala AFF Futsal dan pernah juara pada 2010. Sementara itu di SEA Games, Indonesia telah 5 kali ikut dengan raihan medali perak sebagai pencapaian tertinggi.

Babak Baru Pickleball di Indonesia: Olahraga Mirip Tenis yang Berusaha Semakin Eksis

Menuju Industrialisasi

Kini, futsal Indonesia terus melangkah maju. Jagat futsal pun sedang bergerak menuju babak baru, yakni industrialisasi.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo dalam pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora, Kamis (21/9/2023) lalu.

Bersama Menpora, Hary Tanoesoedibjo membahas masa depan futsal Indonesia. Ia menekankan jika futsal harus berkembang menjadi industri.

"Selain itu, futsal juga diharapkan bisa terus berinovasi dalam perjalanannya. Terlebih saat penyelenggaraan kegiatan atau event, guna memajukan cabang olahraga futsal di Indonesia," kata Hary dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Diharapkan, dunia futsal dan industri bisa saling menguntungkan satu sama lain. Jika itu terwujud, maka muaranya adalah kesejahteraan pemain dan klub.

Menpora Dito pun mendukung bergeraknya futsal menuju industri.

"Kita mendorong supaya industri olahraga khususnya futsal ini makin bergairah,” kata Menpora Dito.

Mau Nonton MotoGP Mandalika 2023? Simak Jadwal dan Info Tiketnya

Referensi:

  • Badaru, B. (2017). Latihan Taktik BEYB: Bermain Futsal Modern. Cakrawala Cendekia.
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4250/terima-ketua-umum-ffi-menpora-dito-dukung-futsal-indonesia-menjadi-industri



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini