Kawasan Pangan Nusantara Diresmikan Jadi Lumbung bagi IKN

Kawasan Pangan Nusantara Diresmikan Jadi Lumbung bagi IKN
info gambar utama

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tenggara sebagai penopang kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir dari Antara, Kamis (5/10), Wapres mengungkapkan bahwa pembangunan IKN akan menarik sejumlah besar penduduk ke wilayah ibu kota baru ini sehingga perlu dipertimbangkan sektor ketahanan pangannya.

Selain memenuhi kebutuhan pangan di IKN, kawasan tersebut juga disiapkan untuk mengantisipasi krisis pangan global. Lalu sebagai penanda penanaman perdana, Wapres menanam pohon durian (Durio zibethinus Murr) dari jenis MK Hortimart.

“IKN akan membutuhkan suplai pangan, tentu yang paling dekat dari sini, dari Donggala ini. Kita antisipasi kemungkinan terjadi krisis global, antisipasi perkembangan IKN,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Kantor Presiden IKN Selesai 2024, Bilah Modul Burung Garuda Sudah Dipasang

Menjaga kebutuhan Sulteng

Kawasan Pangan Nusantara memiliki luas lahan sekitar 1.124 hektare, diharapkan dapat memberikan dukungan dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan sekaligus tetap menjaga kebutuhan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal itu dapat dilakukan melalui penguatan sentra produksi pangan, kapasitas dan kapabilitas sektor pangan, mendekatkan akses modal serta meningkatkan daya saing produk lokal dan kelembagaan.

Wapres meminta agar seluruh pihak dapat meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam mendukung Kawasan Pangan Nusantara sebagai komponen yang akan menyuplai pangan kehidupan di IKN.

Di sisi lain, pihaknya juga berpesan agar pengembangan KPN tetap memperhatikan kaidah-kaidah hukum dan lingkungan serta kesesuaian tata ruang wilayah provinsi maupun kabupaten/kota. Selain itu, masyarakat setempat seperti kelompok tani, diharapkan dapat terlibat dalam pembangunan dan pengelolaannya.

Bangun Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN, RI Terima Rp85,6 Miliar dari FIFA

Referensi:

Antara. Wapres Resmikan Kawasan Pangan Nusantara Topang Sektor Pangan IKN. https://www.antaranews.com/berita/3756354/wapres-resmikan-kawasan-pangan-nusantara-topang-sektor-pangan-ikn

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini