Kereta Cepat Made in RI, Sambungkan Jakarta-Surabaya Kurang dari 4 Jam

Kereta Cepat Made in RI, Sambungkan Jakarta-Surabaya Kurang dari 4 Jam
info gambar utama

Indonesia tengah mengembangkan proyek kereta cepat yang dinamakan Kereta Cepat Merah Putih. Kereta ini akan menghubungkan sejumlah kota besar di Utara Jawa, yakni Jakarta, Cirebon, Semarang, dan berakhir di Surabaya.

Kereta Cepat Merah Putih merupakan proyek kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Proyek ini diketahui sudah berjalan sejak 2019 dan ditargetkan selesai pada 2025.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (6/10), Ketua Tim Peneliti Rancang Bangun dan Prototyping Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Agus Windharto mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan riset yang meliputi pengerjaan desain envelope cabin dan kokpit.

Selain itu, proyek kereta cepat tersebut juga sudah melewati studi human factors engineering, ergonomics, pengujian aerodinamis, serta perancangan dan pengujian struktur car body. Riset ini mendapatkan pendanaan RISPRO LPDP sebesar Rp4.895 miliar 3 tahun penelitian.

Pemerintah Bangun Jalur Kereta Cepat Sampai Surabaya, Bakal Lewati Yogyakarta

Akselerasi penguasaan teknologi

Proyek Kereta Cepat Merah Putih menjadi wujud dari akselerasi penguasaan teknologi di pihak teknologi sebagai peneliti, BRIN yang bertindak sebagai mitra lembaga riset, serta PT INKA sebagai manufaktur.

Dengan pengembangan Kereta Cepat Merah Putih itu, Indonesia tidak lagi perlu bergantung kepada negara lain khususnya dalam hal prasarana kereta cepat. Sebab, Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri sehingga tak perlu lagi impor.

“Suatu hari kita tidak bergantung lagi ke produk-produk impor misalnya kursi kereta api eksekutif yang banyak kita impor, sleeper set yang banyak kita impor, kita sudah bisa bikin di dalam negeri dan juga teknologi car body yang selama ini masih menggunakan steel structure sekarang sudah menggunakan aluminium extrusion dengan manufaktur yang sangat bagus,” kata Agus.

Sebagai informasi, Kereta Cepat Merah Putih memiliki kecepatan maksimal di atas kereta-kereta konvensional yang ada sekarang. Waktu tempuh Jakarta-Surabaya yang biasanya sampai 10 jam kini bisa dipangkas menjadi 3 jam 40 menit saja dengan menggunakan Kereta Cepat Merah Putih.

Kereta Cepat Akan Sampai ke Surabaya, Lewati Kertajati dan Solo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini