Dari Kejuaraan Dunia ke Asian Games 2022, Perahu Naga Indonesia Panen Prestasi Gemilang

Dari Kejuaraan Dunia ke Asian Games 2022, Perahu Naga Indonesia Panen Prestasi Gemilang
info gambar utama

Para atlet perahu naga berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Terbaru, mereka memborong medali dari Asian Games 2022.

Indonesia menjadi negara peraih medali terbanyak kedua di cabor perahu naga Asian Games 2022. Indonesia hanya kalah dari tuan rumah China.

Rangkaian pertandingan cabor perahu naga Asian Games 2022 telah digelar pada 4 hingga 6 Oktober 2023 di Wenzhou Dragon Boat Centre dengan diikuti oleh 12 negara. Hasilnya, China menjadi yang terbaik dengan raihan lima medali emas dan satu perunggu. Sementara itu, Indonesia yang berada di posisi kedua meraih satu emas, empat perak, dan satu perunggu.

Satu-satunya emas Indonesia didapat dari nomor pertandingan Dragon Boat Men’s 1000m. Tim Indonesia menorehkan catatan waktu tercepat, yakni 4 menit 31,135 detik. Torehan waktu tersebut lebih cepat 0,047 detik dari tim China yang finis di urutan kedua dalam waktu 4 menit 31,182 detik.

Sementara itu, empat perak Indonesia didapat dari nomor Men's 500m, serta Women's 200m, 500m, dan 1000m. Sedangkan perunggunya didapat dari nomor Men's 200m.

“Secara umum, semua atlet setiap berlomba memberikan performa yang terbaik. Kemudian perbandingannya dengan prestasi latihan di Jatiluhur dan beberapa uji coba sebelum Asian Games ini, mereka mampu melampaui catatan terbaiknya, rata-rata lebih baik 1 sampai 2 detik,” ujar pelatih tim perahu naga Indonesia Suryadi dalam keterangan tertulis.

Rahmat Erwin Abdullah Panen Medali Sepanjang 2023: ASEAN, Asia, dan Dunia Dilibas Semua!

Melanjutkan Tren Positif

Sejatinya, Indonesia menargetkan dua medali emas dari cabor perahu naga. Namun hasil yang terealisasi di Asian Games kali ini pun tidak bisa dibilang buruk.

Raihan medali Indonesia telah menunjukkan peningkatan ketimbang di Asian Games 2018. Saat itu, tim perahu naga Indonesia hanya meraih dua perak dan dua perunggu.

Tim perahu naga Indonesia juga melanjutkan tren positif pada tahun 2023 ini. Gelontoran medali di Asian Games 2022 seakan seperti episode lanjutan dari prestasi gemilang mereka di ajang bergengsi yang sebelumnya diikuti, yaitu Kejuaraan Dunia Perahu Naga 2023 di Pattaya, Thailand pada 7-13 Agustus 2023.

Indonesia menurunkan atletnya di enam nomor. Hasilnya, lima medalli emas dan satu perunggu berhasil didapat.

"Terima kasih untuk semua suport dan dukungannya. Tentu kami akan terus berjuang untuk mendapatkan prestasi terbaik, supaya olahraga dragon boat ini bisa naik kasta dan bisa lebih populer lagi di kalangan masyarakat Indonesia,” pungkas Suryadi.

Perjuangan Sanggoe Darma Tanjung: Melawan Keterbatasan, Menggapai Medali Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4322/tim-dragon-boat-putra-sumbang-medali-emas-ketujuh-untuk-indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini