Produk Fesyen Modest RI Cetak Transaksi Rp29,44 Miliar di Korea Selatan

Produk Fesyen Modest RI Cetak Transaksi Rp29,44 Miliar di Korea Selatan
info gambar utama

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat produk fesyen asal Indonesia berhasil mencetak transaksi potensial sebesar 2 juta dolar AS atau setara Rp29,44 miliar dalam Festival Indonesia yang berlangsung di Korea Selatan, 28–29 September 2023 lalu.

Dilansir dari Antara, Minggu (8/10), Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengungkapkan transaksi tersebut terdiri atas transaksi riil business to consumer (BSC) dan nota kesepahaman (MOU) pengembangan modest fashion.

Festival Indonesia 2023 yang digelar di Gwanghwamun, Seoul, yang diikuti oleh delapan jenama modest fashion Indonesia merupakan salah satu rangkaian kegiatan Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024.

“Keikutsertaan jenama modest fashion bertujuan mempromosikan modest fashion Indonesia ke mancanegara secara masif. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemendag dalam membangun jejaring modest fashion Indonesia di pasar Internasional,” ujarnya.

Kota Semarang dan Fesyen sebagai Ekonomi Kreatif Unggulan

Tingkatkan ekspor fesyen modest

Jenama modest fashion Indonesia memiliki potensi yang besar untuk bisa memasuki pasar ekspor. Setelah pameran selesai, Kemendag diketahui akan melakukan penjajakan kerja sama antara Indonesia dengan calon pembeli dari Korea Selatan.

Oleh karena itu, Direktur Pengembangan Jasa dan produk Kreatif Kemendag Miftah Farid mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan ekspor modest fashion karya jenama asal Indonesia.

“Kita perlu memperhatikan berbagai hal, antara lain desain dan ukuran yang perlu disesuaikan dengan selera pasar, kualitas produk, serta penetapan harga. Hal ini menjadi unsur penting agar produk lebih berdaya saing,” kata Miftah.

Adapun jenama fesyen modest Indonesia yang berpartisipasi adalah Apikmen, Arabelle Scarf, Archipelago Texture, Aruna Creative, Fatih Indonesia, Gitaratna, Jenna&Kaia, dan Resine & Bouton. Mereka berupaya menjalin kerja sama dengan desainer lokal, butik, pelaku usaha, Halal Association Korea Selatan, hingga Global Asosiasi Indonesia.

Produk Tekstil Batik dan tenun Buatan RI Siap Merambah Pasar di Afrika Selatan

Referensi:

Antara. Produk Fesyen Modest Indonesia Catat Transaksi Rp29,44 Miliar di Korea. https://www.antaranews.com/berita/3760083/produk-fesyen-modest-indonesia-catat-transaksi-rp2944-miliar-di-korea

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini