Mengunjungi Luweng Ombo Pacitan, Gua Vertikal Terdalam di Pulau Jawa

Mengunjungi Luweng Ombo Pacitan, Gua Vertikal Terdalam di Pulau Jawa
info gambar utama

Gua Luweng Ombo yang terdapat di Pacitan, Jawa memiliki bentuk yang unik. Dalam banyak catatan ilmiah. Gua Luweng Ombo ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Luweng Ombo sebenarnya berbentuk horizontal tetapi karena erosi pada dinding batu kapur membuatnya jadi vertikal. Catatan ilmiah, Luweng Ombo terbentuk dari pengangkatan batu gamping dari dasar laut sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.

Menguak Gua di Desa Mojokerto yang Dibuat karena Bisikan Roh Halus

Disebut dengan nama Gua Luweng Ombo disebabkan lubangnya yang terlihat begitu besar. Gua Luweng Ombo ini memang memiliki kedalaman 130 meter dengan diameter mulut gua sekitar 50 meter.

Gua ini tercatat sebagai salah satu geosite di Geopark Gunung Sewu area Pacitan. Masyarakat sekitar memberi nama Gua Luweng Ombo dengan nama Gua Jambu agar lebih mudah diingat dan diucapkan.

Terbentuknya gua

Dinukil dari Speleologi atau pelajaran yang mempelajari tentang gua, Gua Luweng Ombo terbentuk karena disebabkan collapse sink atau atap dari gua runtuh pada dinding yang rapuh akibat proses kimiawi.

Secara geologi, Luweng Ombo terbentuk akibat pengangkatan batu gamping dari dasar laut sekitar 1,8 juta tahun lalu. Kemudian mengalami karstifikasi membentuk gua horizontal dan sungai bawah tanah.

Kisah Misteri Gua Batu Masigit yang Selalu Terdengar Lantunan Selawat

Akibat proses pelarutan (karstifikasi) yang terus berlangsung terjadilah runtuhan atap gua (collapse sink) dan material runtuhannya terlihat membentuk bukit kecil di dasar gua. Gua ini menjadi yang terdalam di Jawa.

Menurut pakar geologi, adanya Gua Luweng Ombo tersebut terbentuk karena merupakan salah satu geopark pegunungan Sewu di sekitar area Pacitan. Sementara bila dilihat, Gua Luweng Ombo seperti lubang besar yang berada di atas bumi.

Diakui UNESCO

Kawasan Geopark Gunung Sewu sendiri telah diakui sebagai UNESCO Global Geoparks sejak 2015 membentang di antara tiga daerah. Tiga daerah ini dilewati atau yang masuk dalam cangkupan Global Geoparks, yakni Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan.

Diketahui geoparks Gunung Luweng Ombo menyimpan kekayaan arkeologis warisan budaya manusia masa lalu yang cukup mengesankan. Di sepanjang wilayah itu ada 13 geosite di Gunung kidul, 7 geosite di Wonogiri, dan 13 geosite di Pacitan.

Gua Gembyang, Tempat Bertapa Raden Wijaya yang Dikeramatkan

Tetapi yang cukup terkenal adalah Luweng Ombo memiliki kedalaman yang sangat curam dan juga sangat lebar. Kawasan ini memiliki panorama yang sangat indah, berupa gugusan batuan yang penuh keajaiban.

Walau begitu, agar bisa menikmati keindahan ini wisatawan perlu menuruni gua sekitar setengah jam. Bebatuan besar dan lorong sempit menjadi tantangan. Memang tidak semua bisa masuk ke Gua Luweng Ombo.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini