Wahana Horor, Daya Tarik Baru Pariwisata Indonesia

Wahana Horor, Daya Tarik Baru Pariwisata Indonesia
info gambar utama

Wahana horor atau mistis belakangan cukup populer di industri pariwisata dalam negeri. Meski bukan hal baru, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan wisata jenis ini karena minat masyarakat yang tinggi terhadap cerita-cerita mistis.

Dilansir dari Antara, Selasa (10/10), Dosen Program Studi Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Dr. Diaz Pranita menilai budaya animisme dan dinamisme yang sangat mistis dapat mendukung pertumbuhan wahana horor di Indonesia.

Kolaborasi pelaku industri

Salah satu promotor wahana horor di Indonesia, Billy dari Pandora Box, berharap agar para pelaku di industri tersebut dapat berkolaborasi memperkenalkan industri kreatif horor dengan membuat wahana rumah hantu yang tidak hanya menyasar wisatawan domestik.

“Tidak menutup kemungkinan, visi misi saya ke depan, semua pelaku wahana bisa bersama kami. Bareng-bareng dalam satu wadah yang besar memperkenalkan industri horor, tidak hanya di lokal, tidak hanya di Indonesia, “ kata Billy kepada Kompas.com, Jumat (6/10).

Sebagai informasi, Pandora Box bersama dengan Dendam Hotel Palmerah membuka tiga wahana rumah hantu dalam Halloween Festival 2023. Acara kolaborasi yang digelar di Twin Plaza, Jakarta, sejak 6 Oktober sampai 19 November 2023 ini menampilkan konsep dengan ciri khas hantu dan zombie.

5 Tradisi Horor dan Menyeramkan dari Indonesia

Tarik wisatawan dunia

Seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat terhadap wahana horor, Billy berharap kedepannya akan semakin banyak promotor atau industri horor yang bekerja sama. Pihaknya menginginkan adanya festival berbau horor seperti Halloween yang bisa jadi daya tarik wisata Indonesia.

Menurutnya, industri horor tidak hanya terbatas pada wahana rumah hantu seperti yang tengah dikerjakannya. Oleh karena itu, Billy juga berharap nantinya industri film, game, hingga properti lain nantinya dapat bersatu menciptakan wahana horor yang menarik.

Selain antar-pelaku industri, pihaknya juga mengharapkan dukungan pemerintah, terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk dapat memperluas jangkauan wahana horor sebagai daya tarik bagi masyarakat.

Angker Banget! 7 Destinasi Wisata Horor di Indonesia

Referensi:

  • Antara. Wisata Hantu Berpeluang Diminati di Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/2040722/wisata-hantu-berpeluang-diminati-di-indonesia
  • Kompas.com. Wahana Horor Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Indonesia. https://travel.kompas.com/read/2023/10/09/152600427/wahana-horor-diharapkan-jadi-daya-tarik-wisata-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini