Kampung Majapahit Bejijong Terima Dana Pengembangan Wisata Senilai Ratusan Juta

Kampung Majapahit Bejijong Terima Dana Pengembangan Wisata Senilai Ratusan Juta
info gambar utama

Kampung Majapahit di Mojokerto bersama desa wisata lainnya menerima bantuan dana senilai Rp600 juta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dana ini diperuntukkan untuk mendukung pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di 5 desa wisata.

Dilansir Detik.com, Rabu (11/10), penyerahan bantuan dilakukan oleh Menparekraf Sandiaga Uno secara langsung kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, saat kunjungannya ke Kampung Majapahit Desa Bejijong pada 7 Oktober yang lalu.

Adapun desa wisata lain yang juga menerima dana bantuan tersebut, di antaranya Desa Wisata Tamansari dari Banyuwangi, Desa Wisata Sanankerto dari Malang, Desa Wisata Kampung Blekok dari Situbondo, serta Desa Wisata Serang dari Blitar.

Berikan pelatihan keuangan

Kelima desa wisata itu merupakan penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Masing-masing desa wisata menerima Rp120 juta. Tak hanya itu, perwakilan desa wisata juga akan mendapat pembinaan literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Pelatihan keuangan dari OJK. Setelah itu kami berikan bantuan dana pendukungan usaha pariwisata untuk meningkatkan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga menyatakan terus mendorong agar desa wisata itu semakin maju. Pihaknya memberikan rumus 3Si, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Selain itu, ada pula 3G, yakni gerak cepat (Gercep), gerak bersama (Geber), dan garap semua potensi online (Gaspol).

Kemenparekraf Anugerahkan 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023, di Mana Aja?

Pariwisata makin bangkit

Secara nasional, pariwisata Indonesia terekam bangkit pasca pandemi COVID-19. Jika pada 2022 pergerakan nusantara mencapai 703 juta orang, maka di tahun ini pergerakannya ditargetkan mampu mencapai 1,4 miliar wisatawan nusantara melalui desa-desa wisata.

Selanjutnya, Kemenparekraf juga akan meningkatkan investasi menuju 3 miliar dolar AS pada 2024 nanti. Menurut Menparekraf, pembiayaan ini membutuhkan dukungan OJK dan Bank Jatim sebesar Rp103,2 triliun untuk pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan ini, target tahun 2024 akan mencapai Rp161,3 triliun.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berharap agar dana bantuan untuk desa wisata tersebut dapat melecut semangat warga dalam mengembangan Bejijong sebagai Desa Wisata Kampung Majapahit. Sebab menurutnya, Bejijong merupakan satu-satunya desa wisata yang mengangkat sejarah Majapahit.

Desa Wisata Jadi Daya Tarik Indonesia di IMT-GT Expo 2023

Referensi:

Detik. Sandiaga Serahkan Rp600 Juta ke 5 Desa Wisata di Kampung Majapahit. https://www.detik.com/jatim/wisata/d-6970649/sandiaga-serahkan-rp-600-juta-untuk-5-desa-wisata-di-kampung-majapahit

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini