Desa Wisata Jadi Daya Tarik Indonesia di IMT-GT Expo 2023

Desa Wisata Jadi Daya Tarik Indonesia di IMT-GT Expo 2023
info gambar utama

Sejumlah desa wisata andalan menjadi daya tarik Indonesia dalam The 29th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Expo dan Gebyar Melayu Pesisir 2023 di Batam, Kepulauan Riau.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, pameran IMT-GT merupakan ajang untuk menampilkan potensi pariwisata, ekonomi kreatif, dan industri teknologi tinggi dari Indonesia, Malaysia, serta Thailand.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memanfaatkan momentum tersebut untuk turut serta mempromosikan potensi parekraf Indonesia, khususnya di desa-desa wisata.

Tampilkan Kepulauan Riau

Indonesia menampilkan Kepulauan Riau sebagai alternatif potensi pariwisata dan ekonomi kreatif melalui desa wisata. Adapun desa wisata yang dipromosikan dalam IMT-GT Expo antara lain, Pulau Penyengat, Kampung Tua Bakau, dan Pulau Lance.

Dalam kesempatan yang sama, Kemenparekraf juga memberikan pelayanan informasi terkait pariwisata Indonesia. Pihaknya menargetkan perjalanan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 sampai 1,4 miliar perjalanan pada 2023.

Pameran IMT-GT yang dilangsungkan bersamaan dengan Gebyar Melayu 2023 diharapkannya dapat menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air, seiring adanya kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Kerjasama RI-UEA Makin Berkembang, Kini Jajaki Logistik hingga Pariwisata

Gelar misi penjualan

Sementara itu, Kemenparekraf juga menggelar misi penjualan di Singapura dan Malaysia sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari wilayah Asia Tenggara.

Kegiatan sales mission itu rencananya akan dilaksanakan di Singapura dan Johor Bahru, Malaysia pada 25 dan 27 Oktober 2023. KJRI Johor Bahru dan KBRI Singapura dikabarkan turut dalam kolaborasi menyukseskan kegiatan ini.

Pada tahun ini, pihaknya berfokus mempromosikan pariwisata melalui program-program dengan konsep pariwisata berkelanjutan seperti Desa Wisata dan Gastronomi, sebagai upaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seni Budaya dan Produk Indonesia Mejeng di Perayaan Bulan Pariwisata Suriname

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini