Pengertian dan Contoh Majas Hiperbola dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian dan Contoh Majas Hiperbola dalam Kehidupan Sehari-hari
info gambar utama

Kawan,di sekolah di dalam pelajaran Bahasa Indonesia mungkin saat ini sedang mempelajari tentang majas.

Ada banyak jenis majas yang dipelajari dan secara tidak langsung juga diterapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam sebuah tulisan maupun ketika kita berbicara. Salah satu majas yang cukup familiar dan sering diaplikasikan adalah majas hiperbola.

Majas hiperbola adalah salah satu bentuk majas retoris yang paling mencolok dalam sebuah bahasa. Majas hiperbola memiliki bentuk ekspresi yang memiliki kecenderungan untuk berlebihan dalam menyampaikan sebuah pesan atau gagasan. Majas hiperbola ini sangat populer dalam sastra, pidato, dan bahkan penggunaan sehari-hari loh, Kawan.

Yuk cari tau apa itu majas hiperbola dan bagaimana contoh yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Majas Hiperbola

Majas hiperbola sering disebut juga sebagai hiperbola atau overstatement atau berlebihan. Pengertian majas hiperbola adalah salah satu majas retoris yang melibatkan penggunaan kata-kata yang berlebihan untuk mengungkapkan suatu gagasan atau perasaan. Menurut pengertian di Wikipedia, hiperbola merupakan pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan sehingga kenyataan tersebut menjadi tidak masuk akal.

Pada majas ini, tujuannya adalah untuk memberikan efek dramatis, dan membuat pembaca atau pendengar jadi terkesan, atau bahkan untuk menambahkan kesan humor pada sebuah cerita. Akan tetapi, hiperbola seringkali melampaui batas kenyataannya dan digunakan untuk menggambarkan sesuatu secara berlebihan.

Contoh-Contoh Majas Hiperbola dalam Kehidupan Sehari-hari:

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut adalah contoh-contoh majas hiperbola yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

1. "Aku sudah mengatakan itu seribu kali!"

Dalam kalimat ini, penggunaan angka seribu adalah salah satu contoh hiperbola. Orang yang mengucapkannya mungkin sudah berkali-kali memberikan nasihat, tapi dia tidak mengatakannya seribu kali secara harfiah. Ini digunakan untuk menunjukkan seberapa sering dia telah memberikan nasihat tanpa hasil.

2. "Tas ini berat seperti gajah!"

Contoh tas tas yang disebutkan tidak seberat gajah secara harfiah, tapi orang yang mengucapkannya ingin menggambarkan seberapa berat tasnya tersebut dengan kata-kata yang berlebihan.

3. "Aku nanti mati kelaparan!"

Kawan pernah merasakan momen sangat lapar? Nah, kalimat di atas menunjukkan makna yang berlebihan ketika seseorang merasa sangat lapar. Apa yang diucapkan tentu tidak akan membuatnya benar-benar mati kelaparan. Hiperbola digunakan untuk menunjukkan sedang berada di saat yang lapar sekali.

4. "Rumahnya lebih besar dari istana!"

Penggunaan hiperbola pada kalimat ini digunakan untuk menggambarkan betapa mewahnya rumah tersebut. Walaupun rumah itu besar, perbandingannya dengan istana adalah contoh yang dilebih-lebihkan.

5. "Aku menunggu selamanya!"

Pernyataan ini adalah contoh hiperbola yang digunakan untuk menunjukkan seberapa lama seseorang telah menunggu. Tentu saja, dia tidak akan menunggu selamanya, tetapi ini adalah cara berlebihan untuk menyatakan rasa tidak sabar.

Baca juga : Pengertian Majas Personifikasi Dan Contohnya

Penggunaan Majas Hiperbola dalam Kehidupan Sehari-Hari

Majas hiperbola tidak hanya ditemukan dalam karya sastra atau pidato. Kita juga sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari untuk mengekspresikan emosi, memberikan penekanan pada sesuatu, atau bahkan untuk humor. Penggunaan hiperbola dapat membuat percakapan lebih menarik dan mengundang perhatian.

Namun, penting untuk menggunakan hiperbola dengan bijak. Ketika digunakan secara berlebihan, bisa mengurangi keaslian atau kepercayaan dalam komunikasi. Oleh karena itu, pemahaman konteks dan situasi sangat penting. Jadi, penggunaan hiperbola dapat membuat komunikasi Kawan jadi lebih menarik. Tapi, jangan lupa tetap harus digunakan dengan bijak untuk memastikan pesan tetap jelas dan terpercaya ya.

Referensi:
https://kabar24.bisnis.com/read/20230821/79/1686614/contoh-majas-hiperbola-dan-artinya-yang-wajib-diketahui
https://id.wikipedia.org/wiki/Majas
https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220906111857-574-843906/majas-hiperbola-pengertian-dan-10-contoh-kalimatnya
https://kids.grid.id/read/473560560/mengenal-majas-hiperbola-pengertian-dan-contoh-kalimatnya?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini