Platform WonderVerse Diluncurkan, Sarana Promosi Virtual untuk Wisata dan Ekonomi Kreatif

Platform WonderVerse Diluncurkan, Sarana Promosi Virtual untuk Wisata dan Ekonomi Kreatif
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengenalkan platform WonderVerse Indonesia untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta menggambarkan pesona dan kekayaan Indonesia melalui lingkungan virtual.

Dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta pada Senin (9/10/2023), Sandiaga Uno menjelaskan bahwa perkembangan dunia virtual telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir.

Kini, mahakarya anak bangsa yang diberi nama WonderVerse Indonesia telah diluncurkan, memberikan peluang kepada para pelaku industri pariwisata dan ekonomi untuk memasarkan produk-produk mereka secara digital.

"Kita harus menangkap peluang ini sebab ada potensi 800 miliar dolar AS di dunia digital, kita membangun sebuah paradigma baru bahwa kita berpromosi melalui dunia gaming, salah satunya disebut dunia Metaverse, untuk itu kita launching WonderVerse Indonesia, di mana saat ini kita bisa bermain mini-game di dalam WonderVerse Indonesia sekaligus sudah bisa membeli tiket pesawat, produk UMKM, menonton musik secara virtual," katanya.

Sementara itu, Pradhana H.S selaku Chief Operating Officer Volare Advertising Network, menjelaskan bahwa data terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen penduduk Indonesia menggunakan internet setiap hari. Di antara mereka, sekitar 10 persen telah terlibat dalam platform gaming di dunia open world dan Metaverse. Hal ini menciptakan peluang besar bagi pengembangan industri ini.

Transformasi Digital dan Menyatukan Indonesia di Metaverse

Terdiri atas 3 fitur utama

WonderVerse Indonesia menyajikan beberapa fitur dunia digital yang mencakup Lobby, WonderReal, WonderGoods, dan WonderFun, masing-masing dengan fungsinya sendiri.

Lobby adalah tempat pertama kali interaksi dengan pengguna lain, menampilkan berbagai satwa Indonesia dan memungkinkan interaksi dengan virtual assistant bernama Maia.

WonderReal adalah platform promosi pariwisata Indonesia dengan video dan gambar 360 derajat, serta menyediakan tempat pembelian tiket pesawat.

WonderGoods adalah platform promosi ekonomi kreatif Indonesia, menampilkan berbagai UMKM dan merek (brand), sementara WonderFun adalah tempat pengguna bermain mini-games, menonton tarian, konser musik, dan kegiatan seru lainnya.

Saat ini, WonderVerse Indonesia telah terintegrasi dengan Garuda Indonesia dan sedang dalam pengembangan bersama Warner Music Indonesia dan JakCloth.

Beberapa mitra UMKM juga telah bergabung, mencakup tiga subsektor utama ekonomi kreatif: fesyen, kriya, dan kuliner. WonderVerse Indonesia juga akan terhubung dengan Payment Gateway System untuk mempermudah proses pembayaran.

Untuk mencoba platform ini, Kawan GNFI dapat mengakses situs www.wonderverseindonesia.com. Selain itu, WonderVerse juga dapat diunduh khususnya bagi pengguna smartphone Android yang telah mendapatkan early access di Google Play Store.

Konferensi Indonesia Mountain Tourism 2023, Jadikan RI Pusat Wisata Petualangan Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini