Hirka, Usaha Kreatif Pembuatan Sepatu Unik Terbuat dari Kulit Ceker Ayam Pertama di Dunia

Hirka, Usaha Kreatif Pembuatan Sepatu Unik Terbuat dari Kulit Ceker Ayam Pertama di Dunia
info gambar utama

Sudah lazim bila sepatu terbuat dari kulit, namun ada yang unik dari pembuatan sepatu kulit milik Hirka ini. Biasanya sepatu kulit terbuat dari kulit reptil seperti buaya ataupun ular, lain halnya dengan sepatu yang diproduksi oleh Hirka. Nurman Farieka Ramadhany namanya, seorang pemuda asal Bandung yang membuat terobosan inovatif dengan memanfaatkan kulit ceker ayam sebagai bahan dasar pembuatan sepatu miliknya.

Menurut Republika, ide sepatu yang terbuat dari ceker ayam ini berasal dari Sang Ayah. Nurman menemukan jurnal hasil riset Ayahnya yang berisi tentang penyamakan kulit ceker ayam. Nurman dapat mewujudkan hasil riset Ayahnya tersebut dengan menyulap limbah kulit ceker ayam menjadi sepasang sepatu cantik dan unik. Berkat terobosan inovatif dan usaha kreatifnya itu, menjadikan Hirka sebagai produsen sepatu kulit berbahan dasar kulit ceker ayam pertama di dunia.

Tradisi Mitoni, Acara Tujuh Bulanan yang Konon Lahir dari Kerajaan Kediri

Memang benar, sepatu dari kulit ceker ini sangat unik. Tentunya di balik keunikannya itu ada usaha yang tidak mudah dan tidak sedikit pula dalam proses pembuatannya. Perlu usaha yang sangat panjang hingga akhirnya menjadi sepasang sepatu yang siap digunakan. Nurman melakukan uji coba selama kurang lebih satu tahun hingga sepatu ini dapat diproduksi pada tahun berikutnya.

Meski sepatu berbahan dasar kulit ceker ayam ini memakan proses yang panjang, Hirka tetap memproduksi sepatu kulit ceker ayam ini dengan berbagai model, bahkan melayani pembuatan model sepatu custom sesuai keinginan pembeli. Tak hanya itu, Hirka pun memberikan garansi selama lima tahun kepada pembelinya sebagai bentuk kepercayaan untuk meyakinkan pembeli bahwa produk Hirka mempunyai kualitas baik yang menjanjikan dan dapat bersaing dengan produk lain.

Berkat keunikan sepatu kulit ceker ayam ini, tak hanya di dalam negeri, produk Hirka ini sudah tembus merambah hingga pasar luar negeri. Selain itu, berkat karya unik dan kreatif ini pula menjadikan Nurman sebagai peraih penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2019 lalu. Penghargaan ini diberikan atas partisipasinya karena telah memberi impak dan manfaat bagi anak bangsa dan masyarakat dalam bidang kewirausahaan, lingkungan, dan teknologi.

Tentunya banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh Hirka yang mengharumkan nama Indonesia. Akhir tahun 2022 lalu, Hirka mengikuti event yang diselenggarakan di Korea Selatan hingga mencuri perhatikan global. Hirka pun sudah melakukan kolaborasi dengan merek lain dan tentunya menghasilkan produk yang luar biasa meningkatkan kepercayaan dan yakin akan brand value yang dimiliki Hirka.

Roah Segare, Tradisi Ruwatan Laut Agar Nelayan Selamat Cari Rezeki

Harga jual sepatu kulit ceker ayam ini berkisar lima ratus ribu rupiah hingga dua juta rupiah, beda lagi dengan harga sepatu custom. Untuk harga sepatu custom tergantung model, ukuran dan bahan yang dibutuhkan sesuai keinginan pembeli. Produk Hirka dapat dijumpai dengan mengunjungi gerainya di Jl. Moch Toha Gg. Subur No 20, Kota Bandung ataupun melalui penjualan online di beberapa platform digital seperti shopee dan instragam miliknya, kawan bisa mencarinya dengan ketikan Hirka Official.

Semakin berkembangnya zaman dan semakin berkembang pula ide yang dimiliki Hirka untuk produknya. Imajinasi-imajinasi yang Hirka bayangkan diwujudkan menjadi sebuah karya yang tak terbatas. Kualitas sepatu kulit ceker ayam Hirka sama seperti sepatu kulit pada umumnya, proses pembuatannya pun hampir sama. Namun, tekstur kulit ceker ayam ini menjadi ciri khas unik yang membedakannya dengan produk sepatu kulit lainnya dan menjadikan Hirka istimewa dan mendunia.

#kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini